Jamin Keamanan, Semua Paslon Pilkada Padang Dikawal Polisi

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz
Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resort Kota Padang memastikan keamanan semua pasangan calon peserta pilkada serentak tahun 2018. Hal itu diwujudkan dengan pengerahan personel.

Kapolresta Padang , Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan, untuk menjaga keaman pasangan calon, pihaknya mengerahkan sebanyak 8 personel.

baca juga: Ambil Layang-layang Putus di Rumah Warga, Tukang Parkir Tersengat Listrik di Simpang Alai Padang

"Nanti satu orang calon akan dikawal dua personel, jadi jika kali ini ada dua pasang, maka secara keseluruhan ada delapan personel yang kami kerahkan untuk mengawal semua kegiatan paslon tersebut," katanya.

Menurutnya, sebelum menjalankan tugas, semua personel telah menjalani serangkaian tes dan pembengkalan. Chairul menegaskan, personel pengawal pribadi tersebut dilarang terlibat dalam praktek politik yang dilakukan paslon.

baca juga: Dalam Masa Pandemi, 10 Ribu Orang Akan Berkumpul Saat HUT Kota Padang

"Meski mereka tidak ikut dalam pemilihan, tapi kita telah menegaskan para personel yang menjadi walpri tidak boleh berpolitik," tegasnya.

Selain mengawal paslon, pihaknya kata Chairul juga melakukan pengawalan ketat terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pilkada, seperti KPU dan Panwaslu.

baca juga: Bantu Atasi Krisis Darah, Dinas Perdagangan Adakan Kegiatan Donor Darah

"Harus dipastikan betul pesta demokrasi ini aman, namun untuk jumlahnya nanti menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan," pungkas Chairul Aziz.

[Halbert Chaniago]

baca juga: PMI Padang Krisis Darah Selama Pandemi

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa