Kementerian ESDM Sosialisasikan Program Hemat Energi di Sekolah Dasar

Kementerian ESDM Sosialisasikan Program Hemat Energi di Sekolah Dasar
Kementerian ESDM Sosialisasikan Program Hemat Energi di Sekolah Dasar (KLIKPOSITIF/ Dios)

KLIKPOSITIF - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia menggelar sosialisasi program hemat energi di lingkungan Sekolah Dasar (SD) di Kota Padang. Kegiatan yang digelar di SD Adabiah Kota Padang, Senin 30 Mei 2016 ini diikuti oleeh 30 SD yang ada di Padang.

Selain di Kota Padang, kegiatan yang dilaksanakan sejak tahun 2012 lalu juga dilaksanakan di Banda Aceh, Kalimantan Timur, dan Yogyakarta. Kasubdit Bimtek dan Kerjasama Konservasi Energi Kementerian RI Arif Heru Kuncoro mengatakan, kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan kesadaran hemat energi bagi kalangan peserta pendidikan dasar.

baca juga: Semen Padang Dorong Efisiensi Energi dengan Optimalisasi Pembangkit Sendiri

"Memberikan pelajaran kepada anak sejak usia dini untuk sadar akan penggunaan energi . Sehingga nanti mereka bisa menggunakan energi yang tepat guna," katanya pada KLIKPOSITIF .

Ia berharap program konservasi energi dan pengenalan hemat energi ini bisa masuk dalam materi pendidikan kurikulum Sekolah Dasar agar langkah efisiensi hemat energi tertanam lebih awal pada peserta didik.

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

"Ini merupakan usaha kita untuk membangun perubahan perilaku generasi muda agar penghematan ini bisa menjadi gaya hidup mereka sejak dini," sebut Arif.

Menurut Arif, saat ini Indonesia masih tergolong boros dalam menggunakan energi dan listrik. Padahal dari hasil kajian yang dilakukan oleh kementerian itu Indonesia memiliki potensi penghematan hingga 35%.

baca juga: Anggaran Ratusan Triliun, DPR Soroti Masih Ada Ketimpangan Sasaran Penerima Subsidi Energi

"Upaya penghematan energi ini bisa dilakukan dengan menanamkan semangat penggunaan energi lain pada anak dengan cara-cara yang lebih kreatif," tuturnya.

[Ocky Anugerah]

baca juga: Inovasi Simon Bageol dan Aplikasi PEDULI Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Penulis: Fitria Marlina