Kementerian ESDM Sentil Pengusaha Industri Soal Pemborosan Energi

(KLIKPOSITIF/ Dios)

KLIKPOSITIF - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia menyebut saat ini penggunaan energi di Indonesia masih boros. Menurut Kasubdit Bimtek dan Kerjasama Konservasi Energi Arif Heru Kuncoro, potensi penghematan energi di Indonesia bisa dilakukan hingga 35%.

Ia mengatakan, pemborosan energi kentara terjadi di perusahaan yang bergerak di bidang industri. Namun ia belum memiliki data rincian terkait pemborosan energi pada perusahaan industri ini.

baca juga: Indonesia Kantongi 5 Penghargaan ASEAN Energy Awards 2021

"Indonesia masih boros dalam hal penggunaan energi , padahal kita bisa menghemat hingga 35%. Pemborosan lebih kentara dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri karena masih menggunakan listrik untuk operasional alat-alat mereka, sedangkan di kementerian saat ini kita sudah sosialisasikan agar perusahaan dapat mengkonversi sumber energi untuk operasional mereka seperti panas bumi, fosil, dan lainnya," katanya pada KLIKPOSITIF di Yayasan Serikat Oesaha Adabiah Kota Padang, Senin 30 Mei 2016 siang.

Menurutnya, perusahaan tekstil dan industri baja adalah perusahaan-perusahaan yang kerap melakukan pemborosan energi , namun ia mengaku kementerian akan bertindak terhadap perusahaan yang menggunakan peralatan yang tidak hemat energi tersebut.

baca juga: Turunkan Emisi Karbon, Pertamina Pasang Target 34 Ribu Ton Per Tahun

"Hal ini juga tidak terlepas dari penggunaan peralatan yang usang, kemampuan mereka untuk memperharui teknologi industri masih sangat kurang. Pemerintah sebagai regulator akan menindak pengusaha yang belum memperbaharui peralatan mereka," jelas Arif.

Selain itu, perbaharuan teknologi bagi perusahaan industri juga merupakan langkah melindungi konsumen dari produk-produk yang tidak berkualitas, dengan demikian pemerintah juga akan membuat standarisasi teknologi bagi perusahaan-perusahaan tersebut.

baca juga: Kementerian ESDM Dorong Industri Lampu LED Dalam Negeri yang Berkualitas Tinggi

[Ocky Anugerah]

Penulis: Fitria Marlina