Lantik Kepala Sekolah, Irwan Prayitno : Saya Tidak Kenal

Pejabat Pengawas dan Kepala SMA/SMK di lingkungan Sumbar di Auditorium Gubernuran Sumbar
Pejabat Pengawas dan Kepala SMA/SMK di lingkungan Sumbar di Auditorium Gubernuran Sumbar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melantik Pejabat Pengawas dan Kepala SMA/SMK di lingkungan Sumbar di Auditorium Gubernuran Sumbar , Senin 12 Maret 2018.

Dalam kesempatan itu Irwan Prayitno menegaskan, pemilihan kepala sekolah didasarkan atas kompetensi dan prestasinya masing-masing, bukan karena ada backing-backing di belakangnya.

baca juga: Soal Vaksinasi Dosis Ketiga, Ini Kata Tenaga Kesehatan

"Dari kepala sekolah yang dilantik hari ini, saya tidak kenal. Tidak ada backing-backing. Semunya berdasarkan kompetensi. Bahkan ada yang terpaksa tidak saya tandatangani karena tidak berkompetensi. Jadi, yakinlah dalam pengangkatan kepala sekolah kita objektif berdasarkan kompetensi dan prestasi," jelas Irwan Prayitno.

Ia juga mengajak kepala sekolah yang dilantik untuk saling berkompetisi dalam peningkatakan kompetensi dan prestasi.

baca juga: RSUP M Djamil Padang: Pasokan Oksigen Masih Aman

Dikatakan Irwan Prayitno, pengelompokan sekolah dan kepala sekolah  perlu dilakukan, agar kepala sekolah tidak bertahun-tahun berada di satu sekolah, sehingga mereka yang berprestasi bisa naik ke level yang lebih tinggi.

"Misalnya dari kepala sekolah di daerah terpencil, jika berhasil naik ke sekolah yang lebih tinggi di daerah itu. Berhasil juga masuk ke ibu kota provinsi. Jika berhasil lagi bisa menjadi kepala sekolah unggul. Berhasil lagi, naik jadi kepala dinas. Berhasil lagi naik jadi sekda. Semua level itu jelas, sehingga guru-guru berlomba-lomba meningkatkan kompetensi dan prestasinya," jelasnya.

baca juga: Dua Nagari di Sungai Tarab Masuk Zona Merah COVID-19, Ini Kata Wabup Tanah Datar

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R