1.463 KK di Bukittinggi Terima Bantuan Program Keluarga Harapan

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias serahkan bantuan program PKH secara simbolis
Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias serahkan bantuan program PKH secara simbolis (Humas Pemko Bukittinggi)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 1.463 KK di Kota Bukittinggi menerima bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementrian Sosial RI. Bantuan pusat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Auditorium Perpusnas Bung Hatta Bukittinggi , Kamis 15 Maret 2018.

Kepala Dinas Sosial Kota Bukittinggi Ellia Makmur mengatakan, pada tahun 2017 lalu penerima PKH di Bukittinggi berjumlah 931 KK, sedangkan untuk tahun 2018 terdata sebanyak 532 KK.

baca juga: BPUM, Modal Bangkit Pedagang Bukittinggi Pasca Pandemi Covid-19

Menurutnya, jumlah bantuan yang diterima keluarga berpenghasilan rendah yang memiliki anak yang duduk di bangku sekolah, serta keluarga kurang mampu yang memiliki anak balita berjumlah Rp1.920.000.

Sedangkan bagi keluarga yang memiliki lansia dan penyandang disabilitas akan menerima bantuan sejumlah Rp2.000.000 per tahun.

baca juga: Pembangunan Replika Surau Tuo di Lezatta Sudah Rampung, Anak-anak Bisa Belajar Tahfiz dengan Gratis

Pendistribusian bantuan ini langsung dari kementrian sosial melalui bank BRI yang kemudian dikirim melalui rekening masing masing KPM. Pendistribusian itu sendiri dilakukan sebanyak 4 tahap, dan yang kali ini  adalah penyerahan tahap pertama tahun 2018.

Bantuan itu, lanjut Ellia, diberikan secara non tunai dan diutamakan untuk bidang pendidikan dan kesehatan. Untuk keduanya dari pemerintah menyerahkan secara non tunai, namun dalam penggunaannya nanti, bisa dicairkan secara tunai.

baca juga: Fakultas Pariwisata UM Sumbar Gelar Masta Bagi Mahasiswa Baru

Sementara itu Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias berharap bantuan yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan positif, sehingga dengan bantuan tersebut, keluarga dapat memanfaatkannya untuk kesehatan dan pendidikan generasi muda.

Ramlan juga kembali mengimbau warga untuk bercocok tanam di lingkungan rumah, sehingga untuk bahan makanan tidak harus beli ke pasar.

baca juga: Lurah Campago Guguak Bukittinggi Bulek Ekspos Pembangunan di Wilayahnya

[Hatta Rizal]

Penulis: Iwan R