Tolak Galian C, Tokoh Masyarakat Airhaji Tenggara dan Airhaji Induk Rapat Bersama

Rapat bersma di Kantor Wali Nagari Airhaji Tenggara, Kamis 15 Maret 2018
Rapat bersma di Kantor Wali Nagari Airhaji Tenggara, Kamis 15 Maret 2018 (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Masyarakat di dua nagari Kecamatan Linggosari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan mengelar rapat bersma di Kantor Wali Nagari Airhaji Tenggara, Kamis 15 Maret 2018.  Mereka adalah tokoh masyarakat Nagari Airhaji Tenggara dan Airhaji Induk

Rapat ini membahas pengoperasian Galian C  yang ditolak warga. Tambang tersebut dikelola oleh CV Alam Semesta Sejahtera.

baca juga: Akhir Pekan Ini, Pemkab Pessel Bakal Sasar Pelanggaran Protokol Kesehatan di Objek Wisata

"Kami menolak dan kami tidak pernah memberikan izin. Dan kami pun tidak pernah diberitahu oleh pihak penambang akan beroperasi selama ini," sebut Amran K yang juga mantan Wali Nagari Airhaji 2005-2010 disela-sela rapat di Kantor Wali Nagari Airhaji Tenggara pada KLIKPOSITIF .

Ia menyebut, perwakilan warga sudah menemui pihak pengelola. Namun, sejauh itu belum ada itikad pengelola untuk menghentikan Galian C tersebut yang dinilai sudah merasakan warga.

baca juga: Kasus Terus Bertambah, Satgas Corona Pessel Ajak Masyarakat Untuk Tidak Takut Tes Swab

"Pada tanggal 9 Maret, Dinas Perizinan Provinsi sudah pernah datang ke lokasi untuk melakukan pematokan. Tapi kami sendiri tidak diberi izin untuk bertanya dan disembunyikan pada kami saat kami ke lokasi," jelas Amran K.

Menurutnya, pengoperasian Galian C di lahan seluas 6,9 hektare itu berada dalam lahan warga. Ia juga menduga, aktivitas galian C tersebut dibeking oleh oknum penegak hukum.

baca juga: Masa Pandemi, Kemensos Modifikasi Tenda Khusus untuk Pengungsi

"Sejak kami menolak, apa yang lakukan di lokasi Galian C selalu dikawal polisi (aparat penegak hukum). Padahal, kami ingin menututut hal yang patut kami pertahankan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Nagari Airhaji Tenggara, Wendra Supriadi menyebut, nagari belum memiliki alternatif untuk menengahi persoalan tersebut. Sebab, keberadaan izin Galian C tersebut belum ada koordinasinya pada nagari.

baca juga: 74 Pasien COVID-19 di Pessel Dinyatakan Sembuh, Jubir: Hari Ini Terbanyak

"Kami tetap akan mencari solusi dan akan berkumpul kembali dengan tokoh masyarakat. Sejauh ini, kami belum bisa menanggapi, karena masih dalam tahap pembahasan," pungkasnya.

Rapat ini dihadiri sejumlah suku kaum, diantaranya perwakilan lahan suku Panai Lundang, Melayu, Caniago Malintang Bumi, Caniago Malintang Sati, Jambak dan Kaum Suku Kampai di daerah itu.

Baca berita sebelumnya : Pessel Tolak Aktivitas Tambang Galian C " href="http://news. KLIKPOSITIF .com/baca/27895/masyarakat-airhaji-induk-pessel-tolak-aktivitas-tambang-galian-c">Masyarakat Airhaji Induk Pessel Tolak Aktivitas Tambang Galian C

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R