Deklarasi Anti Hoaks, Ini Imbauan Ulama di Sumbar

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Mahasiswa, tokoh agama, tokoh adat dan kepolisian Sumatera Barat mendeklarasikan anti hoaks yang dikhawatirkan akan menjadi penyebab perpecahan bangsa.

Salah seorang tokoh agama Sumatera Barat, Irfianda Abidin mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung program anti Hoaks yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia ( Polri ).

baca juga: Kupak Rumah Warga, Seorang Pria Ditembak Polisi

"Pemberantasan Hoaks dari Polri ini memang sudah tepat karena Hoax bisa membuat perpecahan dan bersifat adu domba juga," ujar Irfianda Abidin, usai deklarasi, di Kota Padang pada Kamis 15 Maret 2018 malam..

Ia mengatakan bahwa dalam Islam sendiri mengharamkan hal yang dikatakan Hoax tersebut yang dalam artiannya berbohong dan bahkan bisa memfitnah.

baca juga: Luhut Evaluasi Ekspor Benih Lobster, Kalau Bagus Jalan Terus

"Dalam Al-quran itu sudah dijelasakan bahwa ummat Islam dilarang untuk berbohong," lanjutnya.

Sementara itu, ia menilai bahwa kinerja dari kepolisian Sumatera Barat sendiri hingga saat ini sudah baik dalam menangani permasalahan Hoaks tersebut.

baca juga: Rizieq Shihab Diperiksa Soal Kerumunan, FPI Sebut Itu Kriminalisasi

"Kalau penilaian saya terhadap kepolisian di Sumatera Barat sendiri dalam menangani Hoaks ini sudah maksimal, contohnya saja menangani Hoaks saat adanya pilkada ini," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polda Sumbar , Kombes Pol Nasrun Fahmi mengatakan bahwa deklarasi tersebut merupakan hal yang seharusnya dilakukan dan ia mengapresiasi tokoh agama serta mahasiswa di Sumatera Barat.

baca juga: Sudah Jalani Swab, Kini Rizieq Shihab Tak Mau Ungkap Hasil Test

"Dengan adanya deklarasi anti Hoaks ini, kami berharap kedepannya masyarakat bisa ikut serta dalam memerangi Hoaks ini," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihak Polri sendiri hingga saat ini sedang menggencarkan anti Hoaks tersebut dengan cara mengerahkan Babinkamtibmas untuk mengedukasi masyarakat.

"Selain itu, kami dari pihak Polri juga melakukan deklarasi anti Hoaks ini di berbagai media sosial agar masyarakat tidak mudah terhasut dengan berita yang belum tentu kebenarannya," sambungnya.

Dengan adanya deklarasi tersebut, ia mengaharapkan masyarakat Sumatera Barat agar bisa membantu Polri dalam memberantas Hoaks yang terjadi di berbagai media sosial. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri