Peresmian Stasiun Pengisian Listrik Umum, 101 SPLU Untuk Dunsanak Minang

Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Kota Padang, Afrizal Khaidir menggunting pita peresmian SPLU didampingin Manager PLN Wilayah Sumbar, Susiana Mutia
Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Kota Padang, Afrizal Khaidir menggunting pita peresmian SPLU didampingin Manager PLN Wilayah Sumbar, Susiana Mutia (PLN Wilayah Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF Riuh tepuk tangan pengunjung membahana saat GM PLN Wilayah Sumbar, Susiana Mutia, beserta Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Kota Padang, Afrizal Khaidir, menggunting pita sebagai simbol diresmikannya Stasiun Penyedia Listrik Umum ( SPLU ) di Taman Nanggalo, Siteba Padang, pada Jumat (16/03).

Ini merupakan SPLU ke 23 yang hadir di Sumatera Barat, dimana sebelumnya telah ada 22 SPLU yang tersebar di berbagai lokasi strategis di Kota Padang, dan 1 SPLU lainnya berada di Kota Bukittinggi.

baca juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Sambut HLN ke-76, PLN Sumbar Gelar Tausiyah

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Camat Nanggalo, Kepala Polsek Nanggalo, Ketua KAN Nanggalo, Lurah se-Kecamatan Nanggalo, PKK Kelurahan Surau Gadang, serta tidak lupa acara juga dimeriahkan dengan kehadiran dari masyarakat sekitar.

General Manager PLN Wilayah Sumbar, Susiana Mutia menyebutkan bahwa, SPLU merupakan langkah PLN mendekatkan diri dengan pelanggan.

baca juga: Komitmen Dedieselisasi, Kantor PDAM Tua Pejat Kini Menikmati Listrik PLN

“Saat ini konsumsi energi menjadi tidak terbatas, baik bagi pelanggan rumah tangga, pelaku bisnis dan industri maupun pejalan kaki yang berada di ruang terbuka. Semuanya membutuhkan ketersediaan energi listrik yang cukup. Maka dari itu, PLN Wilayah Sumbar terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Padang untuk penyediaan sarana SPLU demi kemudahan masyarakat, pelajar, pedagang kaki lima, serta pejalan kaki dalam memenuhi kebutuhan energi listrik ,” ucap Susiana

Susiana menambahkan bahwa, Taman Nanggalo juga menjadi salah satu pusat aktifitas hiburan, olahraga dan perdagangan yang membutuhkan listrik yang cukup.

baca juga: Cek Kesiapan COD Pembangkit Listrik EBT, Manajemen PLN Sumbar Kunjungi PLTM Siamang Bunyi

SPLU adalah wujud dukungan PLN terhadap perekonomian daerah. Selain itu, Kondisi sistem kelistrikan Sumbar yang surplus menjadikan PLN sangat siap dan terbuka terhadap para investor yg mau berinvestasi di Sumbar, terlebih di Kota Padang,” ujar Susiana lagi.

Di saat yang bersamaan, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Kota Padang, Afrizal Khaidir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Padang sangat mendukung kehadiran SPLU di titik-titik strategis di Padang.

baca juga: PLN Targetkan 15 Juta Pengguna Undah Aplikasi PLN Mobile

SPLU akan menjadi sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan listrik di ruang terbuka dengan aman, legal dan mudah. Ini merupakan jawaban bagi investor yang mau berinvestasi di kota Padang mengingat selama ini banyak pertanyaan yang muncul dari para investor menyangkut ketersediaan daya listrik serta jaminan keamanan pasokan listrik di Padang. Kami menyambut baik ini dan kami ucapkan terima kasih kepada PLN ,” sahut Afrizal Khaidir.

Saat ini, ada 23 (dua puluh tiga) buah SPLU yang dipasang PLN Wilayah Sumbar. PLN menargetkan akan menyediakan 101 One O One SPLU yang tersebar di tempat-tempat strategis di Sumatera Barat. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, PLN terus berkoordinasi dengan Pemerintah daerah agar rencana tersebut dapat berjalan dengan lancar dan terwujud dengan cepat.

Mekanisme penggunaan listrik SPLU sendiri sama, seperti layanan listrik prabayar, yaitu dengan membeli token listrik (stroom) prabayar melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, Kantor Pos, maupun loket pembayaran lainnya, lalu nomor token yang telah dibeli, dapat diisi pada SPLU yang terpasang.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan demo masak kompor induksi lalu ditutup dengan acara hiburan serta pemberian door prize menarik kepada pengunjung yang beruntung.(Rilis)

Penulis: Khadijah