Hari Pasar di Koto Baru Sebabkan Macet, Satlantas Gotong Royong Tekan Penyumbatan Lalu Lintas

Penyiapan areal parkir kendaraan di Pasar Koto Baru, aksi nyata jajaran Satlantas Polres Padang Panjang, kerahkan alat berat untuk antispasi macet parah di pasar itu setiap Senin.
Penyiapan areal parkir kendaraan di Pasar Koto Baru, aksi nyata jajaran Satlantas Polres Padang Panjang, kerahkan alat berat untuk antispasi macet parah di pasar itu setiap Senin. (Ditlantas Polda Sumbar)

KOTO BARU, KLIKPOSITIF - Jajaran Satlantas Polres Padang Panjang bersama pemangku kepentingan, Sabtu (17/3) pagi menggelar gotong royong bersama di Pasar Koto Baru. Gotong royong itu dilaksanakan dalam rangka menekan kemacetan yang terjadi di Pasar Koto Baru yang mana selalu terjadi tiap hari Senin disebabkan hari pasar, sehingga menyebabkan maka macet parah tak terhindari di ruas jalan utama Padang-Bukittinggi tersebut.

Kondisi yang terjadi saat pagi hari di Pasar Koto Baru, pengendara Lalu Lintas pasti berebut ruang dengan aktifitas pasar, seperti transaksi dan bongkar muat di pasar yang berada di Kabupaten Tanah Datar.

baca juga: Masuk Nominasi API 2020, Begini Pesona Kampung Wisata Sarugo di Koto Tinggi Lima Puluh Kota

"Gotong royong dilakukan jajaran Satlantas Polres Padang Panjang bersama Bina Marga dan masyarakat sekitar Pasar Koto Baru. Ini merupakan tindakan sementara, ibarat obat puyeng, hanya menghilangkan rasa sakit sementara atasi macet lalu lintas di Pasar Koto Baru itu,"ujar Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Sumbar Kompol Ari Wibowo menginformasikan, Sabtu 17/3 siang.

Menurut Kompol Ari, dalam aksi tersebut, jajaran Satlantas Padang Panjang dan warga gotong royong akan menyiapkan lahan parkir untuk Roda 4 dan Roda 2 yang selama ini menambah parah sumbatan arus lalu lintas di sana.

baca juga: Objek Wisata Jembatan Pelangi di Pariaman Diresmikan, Tiket Cuma Rp2.000

Sebenarnya saat Dirlantas Polda Sumbar Kombes Singgamata meninjau Pasar Koto Baru senin lalu, solusi sebenarnya untuk mengatasi macet parah di Pasar Koto Baru ini, yakni pelebaran pasar. Hal itu sangat logis melihat kondisi pasar yang sesak karena macet dan itu tak perlu dilakukan kajian ulang maupun penelitian lagi," ujar Ari.

Gotong royong ini berlangsung sampai siang jajaran Satlantas Polres Padang Panjang bahu-membahu menyiapkan lahan parkir kendaraan untuk minimalisir penyumbatan lalu lintas pada hari pasar, Senin 19 Maret besok. (Rilis)

baca juga: 32 Personel Polisi Resor Pasbar Naik Pangkat

Penulis: Khadijah