Polda Metro Tangkap Pelaku Penipuan Modus Mengaku Karyawan BRI

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Aparat Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap AZ (20) pelaku penipuan terhadap anggota Bawaslu DKI Jakarta Andi Maulana.

Kanit Cyber Crime Ditkrimsus Polda Metro Jaya Kompol Khaerudin menjelaskan, pengungkapan tersebut bermula dari viralnya video di medsos tentang adanya penipuan yang mengatasnamakan dari Bank BRI.

baca juga: 130 Juta Penduduk Indonesia Belum Dapatkan Akses Perbankan

Berbekal dari video tersebut, kemudian anggota melakukan pemeriksaan terhadap Andi.

“Awal nya dari video yang viral kemudian kami melakukan pendalaman,” tutur Kompol Khaerudin di Polda Metro Jaya Kamis (22-03-2018).

baca juga: Habib Rizieq Positif Covid-19, Sampel Tesnya Ditulis Muhammad R

Kompol Khaerudin menerangkan, dalam melakukan aksinya tersangka yang mengaku sebagai karyawan BRI menghubungi korban dan menyatakan bahwa korban memenangi hadiah dari BRI.

Untuk mendapatkan hadiah tersebut tersangka akan mengirimkan kode OTP (one Time Password) sebanyak enam digit yang akan dikirim pihak BRI ke nomor telepon korban.

baca juga: Nathalie Holscher Minggat dari Rumah, Sule: Saya Tidak Bisa Ngomong Apa-apa

“Setelah korban melihat ada SMS itu, kemudian tersangka meminta nomor tersebut,” tuturnya.

Masih kata Kompol Khaerudin, setelah itu selanjutnya tersangka meminta tiga digit angka dibelakang kartu kredit serta expired date.

baca juga: Triwulan I, Ini Jumlah Kasus Diungkap Polres Tanah Datar

” Saat dapat nomor itu, secara diam diam tersangka melakukan transaksi diam diam melalui media online,” katanya.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebanyak Rp 37 Juta. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka dijerat dengan 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.

Sumber: Tribratanews

Penulis: Eko Fajri