Mafindo : Banyak yang Termakan Hoaks Seputar Kesehatan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Koordinator Masyarakat Anti Fitnah Indonesia ( Mafindo ) Jakarta, Taufik, mengungkapkan salah satu hoaks yang sering dipercaya mentah-mentah oleh masyarakat adalah hoaks seputar kesehatan. 

" Hoaks kesehatan sudah sejak lama bermunculan, bahkan tidak sedikit yang meyakininya sebagai kebenaran. Padahal informasi-informasi tersebut tidak didukung dengan bukti ilmiah," ujar Taufik pada seminar "Membedah  Hoax  Kesehatan" di Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

baca juga: Tangkal Hoaks, DPR Minta Kemenkominfo Edukasi Masyarakat

Taufik mengatakan, Mafindo berusaha melawan hoaks -hoaks yang terlanjur dipercaya masyarakat melalui edukasi.

Taufik mengatakan, Mafindo juga memiliki aplikasi HBT alias  Hoax Buster Tool untuk membantu masyarakat mendapatkan kebenaran dari suatu informasi.

baca juga: Fadli Zon Semprot Staf Ahli Kemenkominfo: Kita Harus Bedakan Hoaks dan Percakapan

Mereka juga memiliki situs turnbackhoax.id yang menghimpun berita-berita hoaks , sehingga masyarakat bisa memilah informasi yang akan mereka percaya.

Seminar ini juga meluruskan hoaks di bidang kesehatan, antara lain mengenai bahaya mengonsumsi cokelat berbarengan dengan mie instan, minum air dingin usai makan bisa menyebabkan kanker, pemberian vaksin HPV dapat menyebabkan menopause, hingga pertolongan pertama pada penderita stroke dengan cara menusukkan jari menggunakan jarum.

baca juga: Warga dan Perantau Minang 'Panas Hati' Nasrul Abit Difitnah Keturunan PKI

Dokter Cindhe Puspito mengimbau agar masyarakat tidak langsung mempercayai informasi kesehatan yang tidak disertai dengan sumber atau literatur.

"Berita-berita yang tidak diperkuat dengan bukti ilmiah jadi jangan langsung dipercaya. Jadi biasakan ketika menerima informasi kita harus baca dengan teliti, cek kebenarannya misalnya lihat di literatur lain. Jangan langsung percaya dengan satu sumber," ujar dr Cindhe.

baca juga: Pemerintah: 2.020 Hoaks Beredar di Medsos Terkait Covid-19

Sumber : suara.com

Penulis: Iwan R