Bantu Evakuasi Truk CPO di Panorama 2, Semen Padang Turunkan TRC dan Crane

Satu unit crane yang dikirim PT Semen padang tengah mengevakuasi truk tangki CPO yang terguling di kawasan Panorama II
Satu unit crane yang dikirim PT Semen padang tengah mengevakuasi truk tangki CPO yang terguling di kawasan Panorama II (Riki S/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOITIF - Untuk membantu proses evakuasi truk tangki pengangkut crude palm oil (CPO) yang terguling di kawasan Panorama II, Sitinjau Lauik, Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, PT Semen Padang menurunkan satu unit crane .

"Selain crane , kami juga mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang untuk membantu petugas BPBD dan pihak lainnya membersihkan tumpahan CPO di badan jalan," kata Kepala Biro Humas PT Semen Padang , Nur Anita Rahmawati kepada klikpositif.com, Senin, 2 April 2018.

baca juga: Semen Padang Kembali Raih Juara 1 Keterbukaan Informasi Publik

Baca: Truk CPO Kecelakaan , Jalur Panorama 2 Licin dan Berminyak

Crane tersebut, kata Anita melanjutkan, diturunkan setelah pihak Polsek Lubuk Kilangan meminta PT Semen Padang untuk membantu mengevakuasi truk yang tergulung di badan jalan, sehingga mengakibatkan arus lali lintas Padang-Solok putus total.

baca juga: Dua Tim Inovasi Semen Padang Raih Predikat Tertinggi pada Ajang ICQCC 2021

"Saat ini crane tersebut masih melakukan evakuasi. Ada dua kendaraan yang dievakuasi. Selain truk, juga ada satu unit bus pariwisata yang tergelincir dan masuk ke selokan di dekat lokasi truk nahas itu terguling," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator TRC Semen Padang , Kiki Warlansyah ditemui di lokasi kejadian mengatakan bahwa anggota TRC yang diturunkan ke lokasi kecelakaan tunggal berjumlah sebanyak 25 orang.

baca juga: Dinas Kehutanan Sumbar-Semen Padang Tanam 1000 Bibit Taxus, Obat Anti Kanker di Gunung Singgalang

"Selain membantu petugas BPBD membersihkan tumpahan CPO, TRC juga ikut membantu operator crane mengevakuasi tangki CPO yang terguling di badan jalan," bebernya.

Saat ini, tambah Kiki, akses lalu lintas Padang-Solok maupun sebaliknya belum bisa dilewatti, karena tumpahan CPO masih berserakkan di badan jalan. Selain itu, crane yang diturunkan masih bekerja mengevakuasi truk tangki yang terguling, dan bus yang terperosok ke dalam selokan.

baca juga: Semen Padang Kirim Sembako untuk Korban Kebakaran di Depan SBPU Indarung

"Setelah truk dan bus dievakuasi, barulah akses jalan dibuka. Namun, kami mengimbau agar pengendara berhati-hati melewati lokasi kejadian, karena tumpahan CPO yang dikeringan menggunakan sekam belum kering," katanya mengingatkan.

Sebelumnya, kecelakaan tunggal terjadi di jalur Panorama 2 Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan, Minggu, 1 April 2018 malam sekitar pukul 23.20 WIB. Sopir truk CPO bernama Syafril B meninggal di tempat.

Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Desfano Erianyo menyebut, kecelakaan tunggal itu diduga terjadi akibat rem truk tangki pengangkut CPO bernomor polisi BA 9153 ZU blong.(*)

Penulis: Riki