Ini Kiat dari Kota Sawahlunto Menarik Wisatawan

Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto.
Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto. (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto terus berupaya menarik minat kunjungan wisatawan mengingat ketatnya persaingan dengan daerah lain.

"Saat ini terjadi persaingan yang ketat antar daerah di Sumbar, sebab wisatawan yang banyak itu merupakan wisatawan lokal. Inilah yang diperebutkan," kata Kepala Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto , Eriyanto di ruangannya, Rabu 18 April 2018.

baca juga: Lolos Kurasi Tingkat Nasional, Dua Iven Sumbar Masuk KEN 2021

Selain persaingan, Eriyanto juga menyadari kecenderungan masyarakat untuk melihat objek wisata yang baru dibuka. "Kecenderungan masyarakat kita selalu ingin melihat objek wisata yang baru," ulasnya.

Untuk memenangkan persaingan tersebut Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga membenahi objek wisata yang ada dengan menampilkan atraksi yang membuat wisatawan berkunjung kembali.

baca juga: I Love Painan Berganti Lumbung Padi, Begini Arsitektur Baru Landmark di Taman Spora

"Kami sudah menemukan formula baru dalam menggenjot jumlah pengunjung dengan menampilkan atraksi di setiap objek wisata. Pasalnya kalau hanya menyajikan objek yang dilihat wisatawan hanya datang sekali saja dan jarang kembali," tambahnya.

Masih kata Eriyanto, selain atraksi pihaknya akan menambah jumlah food court dan cafe. "Kami akan menambah jumlah food court dan cafe yang lebih layak untuk memanjakan wisatawan ," ulasnya.

baca juga: Dinas Pariwisata Sumbar Rekomendasikan Tetap Buka Tempat Wisata Selama Lebaran, Ini Alasannya

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto terus meningkat dari tahun ke tahun, pada tahun 2016 jumlah wisatawan sebanyak 862.627 orang dan pada tahun 2017 sebanyak 877.000 orang.

[Muhammad Haikal]

baca juga: Sandiaga dan Andre Rosiade Dukung Desa Wisata Tungkal Selatan Pariaman

Penulis: Agusmanto