Ada Orasi Budaya dan Seminat Teater di Festival Wisran Hadi

Radhar Panca Dahana: budayawan, salah satu pemateri seminar FNWH
Radhar Panca Dahana: budayawan, salah satu pemateri seminar FNWH (net)

PADANG,KLIKPOSIIF-Selain menggelar beragam pertunjukkan, Festival Nasional Wisran Hadi (FNWH) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Langkah pada mulai hari ini sampai29 April nanti juga akan diadakan orasi budaya dan seminar teater.

Menurut Ditto Aditya selaku ketua pelaksana FNWH, selain memproduksi pementasan teater dari naskah Wisrah Hadi, tentu nantinya jejak perjalanan, karya dan sumbangsih Wisran Hadi dalam dunia teater Sumatera Barat maupun Indonesia akan dibahas dengan mendatangkan narasumber dengan perspektif yang berbeda-beda.

baca juga: Pesan Gubernur Kepada Peserta Sumbar yang Ikut Pelayaran Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah

“Untuk agenda seminar dan orasi budaya , nanti akan diundang pembicara yang bersinggungan langsung maupun tidak langsung dengan Wisran Hadi. Pembicara masing-masingnya akan membahas Wisran Hadi dari berbagai pandangan” ungkap Ditto saat ditemui di seketariat Teater Langkah, Minggu (22/4/2018)

Orasi budaya dan seminar teater merupakan dua agenda yang dijadwalkan terpisah. Orasi budaya akan diselenggarakan pada 23 dan 29 April 2018 di FIB dengan garis besar pembahasan mengacu pada tema “Segala Tentang Wisran Hadi”.

baca juga: Ratusan Napi Nikmati Pertunjukan Seni Budaya di Lapas Pariaman

Orasi budaya ini akan diisi bersama Syafril T seorang penulis naskah drama dan sekarang merupakan salah satu akademisi di jurusan Sastra Indonesia, Fakutas Ilmu Budaya , Unand. Akan ada juga Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib istri Wisran Hadi. Ibu Reno merupakan ahli waris kerajaan Pagaruyung dan juga seorang penulis.

Seminar teater dijadwakan pada tanggal 25 Apri 2018. Seminar ini diagendakan dengan 3 orang pembicara yang aktif dalam dunia teater. Mereka adalah Radhar Panca Dahana yang merupakan seniman dan budayawan yang aktif dalam seminar dan diskusi seputar kebudayaan maupun sastra; Sahrul Nazar seorang akademisi ISI Padang Panjang; dan Irmansyah seniman teater yang keterlibatannya secara langsung di Teater Langkah adalah sebagai salah satu pendiri UKM teater kampus tertua tersebut.

baca juga: Buka Pesta Kesenian Bali, Jokowi Bicara Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Adapun topik pembicaraan dalam seminar ini adalah “Membaca Biografi dan Peran Wisran Hadi dalam Perkembangan Dunia Teater Indonesia”.

“Ya, kami berharap dengan adanya orasi dan seminar teater ini dapat menjadi pengetahuan dan wawasan yang lebih baik lagi tentang dunia teater dan juga mengenai Wisran Hadi. Semoga festival ini menjadi wadah edukasi dalam teater Sumatera Barat maupun Indonesia” tutup Ditto.

baca juga: Pusat Kebudayaan Minangkabau Dirayakan Rabu Malam, Ada Launching Buku Arnis Saleh

Penulis: Ramadhani