Dunia Akui Produk dan Desain Furnitur Indonesia

Ilustrasi
Ilustrasi (kemenlu)

KLIKPOSITIF -- Furnitur berkualitas premium karya 27 desainer Indonesia hadir pada pameran furnitur dan desain interior terbesar di dunia, Salone Internazionale del Mobile, Milan, 17-22 April 2018.

Para desainer dipilih melalui proses seleksi terbuka (open call) oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) secara ketat guna memamerkan ragam karya desain mereka pada ajang bergengsi tersebut.

baca juga: Suzuki Lihat Peluang Motor 250cc untuk Pasar Dalam Negeri

Paviliun Indonesia di Salone Internazionale del Mobile 2018 ramai dikunjungi para pelaku industri furnitur yang tertarik dengan ragam produk berbahan dasar kayu dan rotan. Desain unik dari desainer Indonesia melambangkan keanekaragaman budaya serta cita rasa yang artistik. Berbagai desain meja dan kursi yang dipatok pada harga antara USD 2.300–6.000 laku dibeli peminat manca negara bahkan dengan disertai kesepakatan untuk pemesanan berikutnya.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf, yang hadir di Paviliun Indonesia bangga dengan furnitur Indonesia yang semakin diakui dunia. Banyaknya permintaan terhadap produk yang dipamerkan diharapkan dapat terus mendorong desain karya perancang Indonesia untuk semakin memperoleh tempat dalam industri furnitur global.

baca juga: Honda Akan Tanamkan Teknologi Radar di Honda Gold Wing Terbaru

Partisipasi produk Indonesia dalam Salone Internazionale del Mobile merupakan kerja sama Bekraf dengan KBRI Roma. Lokasi ruang pamer Paviliun Indonesia didapatkan melalui pendekatan langsung oleh Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani kepada Presiden Federasi Furnitur Italia, Emmanuele Orsini, di tengah persaingan ketat calon peserta pameran.

Salone Internazionali del Mobile merupakan ajang tahunan yang menjadi barometer perkembangan tren dan desain furnitur dunia. Tahun ini, sebanyak 200 peserta dari 150 negara ikut memamerkan karya dan desainnya. Diperkirakan, total pengunjung Salone Internazionali del Mobile 2018 akan mencapai lebih dari 350 ribu pengunjung dan pelaku industri furnitur mancanegara.

baca juga: Bermasalah Pada Mesin, Hyundai Recall Dua Mobilnya

Sumber: KBRI Roma

Penulis: Eko Fajri