Jalan Amblas di Kota Sawahlunto Mulai Diperbaiki

Jalan amblas di Kota Sawahlunto
Jalan amblas di Kota Sawahlunto (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Sawahlunto mulai memperbaiki jalan Ahmad Yani atau biasa disebut kelok S oleh warga Kota Sawahlunto yang amblas sejak Desember 2017 lalu.

Dari pantauan KLIKPOSITIF , tampak panjang jalan yang amblas sekitar 20 meter dengan kedalaman 15 meter. Saat ini terlihat petugas alat berat mengeruk tanah di bagian bawah yang berfungsi sebagai penopang.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Pengawas Lapangan Dinas Pekerjaan Umum Kota Sawahlunto Makmur mengatakan untuk pekerjaan pertama adalah penggalian dengan alat berat. "Pekerjaan dimulai dengan penggalian bagian bawah untuk membuat pondasi," katanya, Rabu 25 April 2018.

Dikatakannya, perbaikan jalan yang menghubungkan Muaro Kalaban Sawahlunto ini prosesnya sudah dimulai sejak jalan tersebut amblas.

baca juga: Dorong Sektor Pariwisata Kolom Sawahlunto Gelar Sayembara Cerita Rakyat

"Ada beberapa proses yang harus dilalui untuk perbaikan jalan kelok S ini, mulai dari pengukuran, menetapkan anggaran dan pembuatan besi yang menjadi penyangga," jelasnya.

Dikatakannya, pembuatan besi penyangga tersebut yang memakan waktu, sehingga pekerjaan baru bisa dimulai saat ini. "Pembuatan besi penyangga memakan waktu yang cukup lama, setelah besi penyangga tersebut selesai pekerjaan baru bisa dimulai," papar Makmur.

baca juga: Sektor-sektor yang Akan Diaktifkan di New Normal Sawahlunto

Meski sudah masuk tahap perbaikan, namun masyarakat menilai respon perbaikan jalan tersebut terbilang lambat. Pasalnya, posisi jalan itu cukup membahayakan masayarakat.

"Di bagian bawahnya ada jurang, dan itu cukup membahayakan masyarakat," ucap salah seorang warga, Satria (27).

baca juga: Sawahlunto Bersiap Terapkan New Normal

[Muhammad Haikal]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa