Jalan Sutan Usman Pasar Atas Payakumbuh Akan Ditutup

Kota Payakumbuh
Kota Payakumbuh (Haswandi/KLIKPOSITIF)

KLIK POSITIF - Jalan Sutan Usman di kawasan Pasar Atas Kota Payakumbuh -Sumbar, kembali akan dimanfaatkan Pemko Payakumbuh sebagai pasar pabukoan selama bulan suci Ramadan 1437 H. Selama bulan puasa itu, ruas jalan tersebut ditutup buat kendaraan roda empat, mulai dari pukul 15.00 WIB hingga datangnya bedug berbuka puasa.

Di sepanjang jalan, mulai dari pertigaan Jalan Sukarno Hatta hingga ke pertigaan jalan di depan Soto Che, diperkirakan akan mampu menampung sekitar 200 pedagang makanan buat pabukoan.

baca juga: Pemko Payakumbuh Targetkan Vaksinasi Terhadap 1.000 Warga Per Hari

“Pemko akan memfasilitasi tenda dan lampu penerangan buat pedagang pabukoan yang berjualan,” ucap Kaadis Koperasi UMKM Industri Perdagangan, Dahler SH Jumat, 3 Juni 2016.

Hingga Saat ini, tenda buat pedagang masih dalam proses pemasangan. Pasar pabukoan ini akan menjual aneka ragam menu makanan dan minuman, mulai dari cemilan, kolak, es tebak, lamang tapai, cendol hingga berbagai jenis sambal lauk pauk. Dengan adanya pasar pabukoan itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

baca juga: Siswa SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah Raih Emas Popda Sumbar

Di tempat terpisah, Walikota Riza Falepi mengatakan, selain bernilai ekonomi, pasar pabukoan akan menjadi daya tarik kunjungan wisata ke Kota Batiah. Karena itu, SKPD terkait diharapkan, agar mengatur jam buka berjualan di pasar pabukoan, jangan sampai dibuka dari pagi hari, yang akan merusak puasa. (Ivan)

Penulis: Iwan R