BPSPL: El Nino Pengaruhi Transplantasi Karang

Karang yang mengalami pemutihan (Bleaching)
Karang yang mengalami pemutihan (Bleaching) (KLIKPOSITIF/ Ocky Anugrah)

KLIKPOSITIF - Gejala El Nino mempengaruhi transplantasi terumbu karang . Hal ini menjadi penghambat perbaikan karang yang mengalami pemutihan (Bleaching) yang ada di sepanjang pesisir pantai Sumatera Barat.

Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang Andry Indryasworo Sukmoputro mengatakan, dengan kondisi demikian transplantasi karang masih dapat dilakukan, namun saat El Nino suhu laut tidak normal.

baca juga: Astra Grup Padang Berikan Bantuan Sembako Untuk Satpol PP Padang

"Jika suhu laut tidak normal maka akan menghambat perbaikan dan pertumbuhan karang . Tranplantasi masih dapat dilakukan saat suhu laut normal untuk pertumbuhan karang ," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF pada Jumat (1/4).

Menurutnya transplantasi karang yang mengalami pemutihan ini dapat dilakukan dengan cara pemilihan kondisi karang yang masih baik. "Nanti kita pilih bibit yang masih baik untuk di transplantasi," sebutnya.

baca juga: Lokasi Wisata di Zona Merah dan Orange Harus Tutup Saat Libur Lebaran, Ini Tanggapan Wali Kota Padang

Namun dengan fenomena Bleaching saat ini pihaknya kesulitan melakukan penyeleksian karang , "karang terkuat seperti Coral Masife ( Karang Batu) saja saat ini sudah terdampak bleaching, penentuannya agak susah," ujar Andry.

Meski demikian pihaknya akan melakukan penelitian dengan Litbang Kementerian Kelautan dan Perikanan RI terkait transplantasi ini.

baca juga: Kadis Perdagangan Kota Padang Ajak Masyarakat Tidak Beli BBM Eceran di Pinggir Jalan

"Fenomena ini sudah terjadi merata di seluruh Indonesia, jadi ini sudah menjadi agenda penelitian oleh Kementerian. Yang pasti meski dengan kondisi saat ini, program transplantasi terus dilakukan," tutupnya.

[Ocky Anugrah]

baca juga: Amankan Libur Lebaran, Dishub Padang Buat Posko Mobile

Penulis: Fitria Marlina