KPU Padang Rekrut Belasan Ribu Anggota KPPS

Ketua Komisioner Divisi Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra.
Ketua Komisioner Divisi Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra. (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang terus mematangkan persiapan pencoblosan Pilkada yang digelar bulan Juni mendatang, salah satunya adalah perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS ).

"Ada 11.200 orang petugas KPPS yang akan direkrut. Angka ini diambil dari total TPS di kali tujuh orang dengan total TPS ada 1600 lokasi," ungkap Ketua Komisioner Divisi Hukum, Riki Eka Putra, Senin 30 April 2018.

baca juga: Sandiaga Uno Diprediksi Akan Kembali Bertarung di Pemilu 2024, Siapa Pasangannya?

Proses perekrutan, kata Riki dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Yang mana telah dimulai sejak awal bulan ini hingga 3 Juni 2018 nanti. "Proses masih berlangsung," kata Riki.

Riki menjelaskan, syarat utama petugas KPPS yang direkrut adalah tidak boleh menjabat lebih dari dua periode pemungutan. Serta, harus berdomisili pada wilayah kerja KPPS itu sendiri.

baca juga: Enam Calon Kepala Daerah Positif COVID-19, KPU Sumbar Tunda Tes Kesehatan

"Syarat lain usia paling rendah 17 tahun. Memiliki integritas, jujur, dan adil. Bukan tergabung sebagai anggota salah satu parpol. Tidak pernah menerima sangsi pemberhentian oleh KPU dan DKPP. Terakhir, tidak berstatus tim kampanye, petugas kampanye dan atau relawan paslon," jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan Riki, tugas dan fungsi KPPS adalah menyelenggarakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. "Kegiatan KPPS ada tiga hari, dua hari persiapan, satu hari pas pemungutan suara," pungkasnya.

baca juga: Mesra di Pilkada 2020, Koalisi Gerindra-PDIP hingga Pilpres 2024?

[Cecep Jambak]

Penulis: Agusmanto