Taman Edukasi Bencana di Padang Diresmikan

Kepala BNPB, Willem Rampangilei menandatangani prasasti tanda diresmikannya Taman Edukasi Bencana.
Kepala BNPB, Willem Rampangilei menandatangani prasasti tanda diresmikannya Taman Edukasi Bencana. (istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kota Padang memang identik dengan kota rawan bencana. Makanya, sejumlah upaya pun dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk tersebut terjadi.

Menanggapi itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) menggandeng sejumlah instansi, termasuk Balai Wilayah Sungai (BWS) V Kementerian PU PR untuk membangun Taman Edukasi Bencana di kawasan Danau Cimpago, Pantai Padang , Kecamatan Padang Barat, Sumbar.

baca juga: BNPB Bantu Sumbar Rp19 Miliar Atasi Abrasi Pantai

“Pembangunan Taman Edukasi Bencana ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar tanggap terhadap bencana,” ujar Kepala BNPB , Wilem Rampangilei saat peresmian, Selasa 1 Mei 2018.

Dia menyebut, pembangunan Taman Edukasi Bencana yang memakan anggaran sekitar 25 miliar tersebut diharapkan bisa menjadi tempat belajar untuk mengenal bencana dan siap siaga bila terjadi bencana.

baca juga: Beritakan Nasrul Abit Keturunan Partai Komunis, Pimred Akurat.co Minta Maaf

Taman Edukasi Bencana ini sendiri juga diharapkan menjadi penarik bagi wisatawan. Dengan satu bangunan yang dijadikan pustaka, ditambah dengan monumen batu sebagai simbol siaga bencana . Di bagian depan, terdapat mural yang bergambar suasana bencana dan cara evakuasinya.

“Daerah di Indonesia ini sangat rawan bencana, termasuk Padang . Pengetahuan masyarakat terhadap bencana juga sangat diperlukan guna meminimalisir jumlah korban,” katanya.

baca juga: Atasi Sampah di Pantai Air Manis, PT PSM Berencana Buat Paving Block dari Sampah Plastik

Peresmian Taman Edukasi Bencana ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan ke-5 di Padang .

Dihadiri Kepala BNPB Pusat, Willem Rampangilei, mantan Kepala BNPB , Syafii Maarif, pejabat teras di Pemko Padang serta jajaran kebencanaan, Forkopinda. Juga turut dihadiri Rektor Unand, Tafdil Husni dan petinggi di BWS V Kementerian PU. (*)

baca juga: Gempa Guncang Pagai Selatan Mentawai, Dirasakan Hingga ke Padang

Penulis: Agusmanto