Agenda Rutin Siraman Rohani, Memupuk Akhlak dan Moralitas

Kegiatan pagi di salah satu mesjid yang diramaikan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Harian di Kabupaten Mentawai
Kegiatan pagi di salah satu mesjid yang diramaikan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Harian di Kabupaten Mentawai (Ist)

MENTAWAI , KLIKPOSITIF - Jumat pagi sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Harian (PH) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mentawai berbondong-bondong mengayunkan langkah menuju salah satu Mesjid yang ditunjuk sebagai tempat mendengarkan Siraman rohani yakni di mesjid Jabal Nur, Jalan Raya Tuapejat Km 4 yang berada tepat di pusat Pemkab Mentawai .

Kegiatan yang dibuka dengan Pembacaan ayat suci Al Quran yang membuat hati menjadi tenang bagaikan dimandikan oleh air dingin di saat terik matahari menyejukkan hati dan pikiran.

baca juga: Guncangan Gempa Magnitudo 4,7 Tak Dirasakan Warga Mentawai

Kegiatan ini rutin dilaksanakan dan diwajibkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Mentawai . Giliran Sekda Mentawai Syaiful Djanah menyampaikan sambutan, Jumat (4/5), ia menyampaikan pesan kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat tetap menjaga ibadah menjelang masuknya bulan suci ramadan.

Selain itu, toleransi antar umat beragama juga perlu dijaga, ia berharap tidak ada satu orang pun yang merusak atau mengusik antar sesama. Hidup berdampingan dengan sesama juga disampaikan dalam alquran.

baca juga: JPP Desak Penegak Hukum Usut Tuntas Kasus Kekerasan Seksual di Mentawai

Bagi umat muslim al-quran merupakan makanan yang harus dikonsumsi setiap saat, sehingga rohani akan menjadi sehat, seperti yang Allah ciptakan langit dan bumi serta isinya yang beraneka ragam makan yang menjadi santapan bagi umatnya sehingga sehat jugalah jasmaninya.

Sementara, ustad Salim dalam khotbahnya kembali mengingatkan kepada jamaahnya untuk saling menjaga kerukunan, selalu mempertebal keimanan dan minta ampun kepada Allah SWT, karena waktu dalam kehidupan fana yang dimiliki manusia sangatlah terbatas maka hendaknya dipergunakan hidup ini dengan perbuatan amal ibadah.

baca juga: Patroli Ilegal Fishing di Kepulauan Mentawai Perlu Ditingkatkan

Ia menyebutkan sesungguhnya Allah maha pengampun juga penyayang bagi para hambanya yang mau bersujud memohon ampun dengan tobat dengan sebenarnya.

Kegiatan tersebut menurutnya merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan iman serat Moralitas bagi Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Harian di Lingkungan Pemkab Mentawai , hal serupa juga dilaksanakan bagi Kaum Kristiani berkumpul di Salah satu Gereja yang dekat dengan pusat kegiatan pemerintahan.

baca juga: Belajar Daring Tak Efektif di Siberut, Kendala Internet, Guru dan Siswa Tak Punya Smartphone

Kali ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Mentawai yang mendapatkan giliran memfasilitasi kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini selalu ada peningkatan, awalnya kita laksanan pada pukul 09:00 Wib pagi, tapi sekarang waktunya kita majukan menjadi pukul 07:30 Wib, jadi sebelum masuk kantor mereka (pegawai pemerintah - red) mendapatkan Siraman rohani, " Kata Ridwan kepala DPMDP2KB Mentawai .

Isdarmansyah salah satu pegawai di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mentawai pagi-pagi sekali suda duduk di teras mesjid sambil menghirup udara pagi dan merasakan hangatnya mentari pagi. "Ini wajib kita syukuri nikmat kesehatan dan kekuatan dari allah, kalau kita mendapatkan sinar matahari pagi kita semakin sehat, namun kita juga butuh Siraman rohani, " celotehnya bersama dengan sejumlah pegawai lainnya.

[dio]

Penulis: Khadijah