Liga Seduh Rimbun, Kompetisi Menyeduh Kopi Perdana di Sumbar

Zul, seorang barista asal Padang tengah menyeduh kopi
Zul, seorang barista asal Padang tengah menyeduh kopi (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF – 24 Barista dipastikan siap berkompetisi dalam Liga Seduh Rimbun 2018 yang digelar Rimbun Espresso & Brew Bar atau Rimbun Coffee pada Rabu 9 Mei 2018 mendatang. Liga ini merupakan kompetisi seduh kopi pertama di Sumbar dengan metode manual yang mengacu pada peraturan kejuaraan menyeduh kopi internasional WBrC (World Brewers Cup).

Event Manager Liga Seduh Rimbun 2018 Gustav mengatakan antusiasme tinggi terlihat dalam kompetisi ini. Pasalnya, tidak hanya dari Padang, Barista dari luar Sumbar pun juga banyak mendaftar saat pendaftaran yang dibuka pada 19 April 2018 lalu.

baca juga: Antisipasi Pengangguran, Desa di Pariaman Beri Pelatihan Pada Puluhan Warga

“Kompetisi dengan adopsi peraturan WBrC ini menjadi yang pertama kali diadakan di Kota Padang. Antusiasme terhadap kegiatan ini juga cukup tinggi karena sejak dibuka pendaftaran langsung penuh dalam waktu 40 menit saja,” kata Gustav.

Ia menambahkan peserta yang akan mengikuti Liga Seduh Rimbun 2018 ini tersebar mulai dari Pekanbaru, Payakumbuh, Solok, Bukittinggi, Padang Panjang, Muaro Bungo, dan Kota Padang. Sebagian besar merupakan perwakilan dari kedai kopi , namun juga ada beberapa perwakilan independen.

baca juga: Pembangunan GSG Pariaman Baru 30 Persen, Pemerintah Butuh Rp14 Miliar lagi

“Kompetisi dibutuhkan agar eksplorasi terhadap teknik seduh dan tentunya rasa kopi tak pernah berhenti. Liga Seduh Rimbun mengacu pada peraturan internasional agar peserta dapat mempersiapkan diri untuk kompetisi tingkat lanjut”, kata Gustav.

Liga Seduh Rimbun ini juga dihadiri Craig Owen (Q Grader, SCA Certified Coffee Taster), Abdurrahman Fahrumi (Q Grader, Coffee Roaster) dan Alfadriansyah (Q Grader, Coffee Farmer) serta Allan Arthur (IBrC Certified Judge dan Q Grader) sebagai tim juri.

baca juga: Pemkab Pessel Percepat Penyaluran BLT Nagari Guna Menjaga Daya Beli Masyarakat

Allan menjelaskan dengan mengacu pada peraturan WBrC, Liga Seduh Rimbun 2018 akan dimulai dengan babak penyisihan dengan sistem Compulsory Service.

“24 peserta ini akan menyeduh masing-masing 3 gelas kopi yang mereka tidak ketahui, kopinya apa. Kemudian enam peserta dengan skor tertinggi pada babak penyisihan akan lolos ke babak final yang menggunakan sistem Open Service. Selanjutnya, peserta akan menyeduh kopi yang mereka bawa sendiri dan mempresentasikannya kepada juri,” ujar Ketua Tim Juri Liga Seduh Rimbun 2018

baca juga: Pessel Terima Bantuan Bedah Rumah Rp 4,4 Miliar dari Pemerintah Pusat

Liga Seduh Rimbun 2018 dikelola mandiri oleh Rimbun Coffee, Pandeka Roastery, dan Lokita Digital Creative Campaign. Liga ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Mei 2018 di Sentral Yamaha Tjahaja Baru Hall di Jl. Bandar Damar No 61, Olo, Padang. Selain perlombaan, juga akan ada booth yang menjual biji kopi , peralatan seduh kopi , dan beragam hal lainnya.

Ade Suhendra

Penulis: Ramadhani