Batang Arau Proyek Percontohan "Kotaku", Ini Harapan DPR

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Alex Indra Lukman
Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Alex Indra Lukman (ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Alex Indra Lukman mendorong pelaksanaan program Penataan Kawasan Permukiman Kumuh tahun anggaran 2018 di kota Padang .

Program dari Kementerian PUPR tersebut, dialokasikan sebesar Rp25 Milyar untuk penataan daerah sepanjang muara sungai di kelurahan Batang Arau kecamatan Padang Selatan, kota Padang .

baca juga: Andre Rosiade: FORKI Sumbar Gelar Penataran Wasit

Dari semua program serupa yang ada diseluruh tanah air, dari Aceh hingga Papua, kelurahan Batang Arau mendapat anggaran paling besar dan akan dijadikan proyek percontohan.

"Batang Arau ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain, kawasan ini mempertemukan laut, sungai, gunung dan kota, namun ini perlu penataan, sehingga saya meminta Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menata kawasan tersebut lewat program KOTAKU sehingga nanti menjadi kawasan wisata baru di kota Padang ," kata Alex, dalam rilisnya yang diterima KLIKPOSITIF .com.

baca juga: Andre Rosiade: Gerindra Solid Dukung Dodi Hendra sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok

Program ini menata dan mempercantik kawasan Batang Arau mulai dari perbaikan jalan, trotoar, drainase hingga sanitasi. Selain itu, juga dibuat taman-taman tempat bermain bersantai dan areal pedagang UMKM dan kuliner. Juga ada panggung untuk pergelaran seni budaya, areal untuk kegiatan olahraga serta areal parkir yang memadai.

"Kawasan wisata ini tentu saja akan berdampak kepada meningkatnya lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat," tambah ketua DPD PDi Perjuangan Sumatera Barat ini.

baca juga: Wapres: 40 Persen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah untuk UMKM

Tahap awal, pembangunan akan dimulai dari lokasi dibawah jembatan Siti Nurbaya hingga ke ujung jalan menuju gunung Padang .

"Saat penataan kawasan ini siap nanti, saya berharap pada masyarakat agar bisa merawat dan menjaga serta memanfaatkan kawasan ini semaksimal mungkin, serta meminta pada pemerintah daerah untuk mengawasi secara ketat pemanfaatan kawasan ini sesuai dengan peraturan yang berlaku," lengkap anggota dewan asal Sumatera Barat ini.

baca juga: Diubah Pemerintah, Ini Daftar Lengkap Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021

Di kota Padang , Alex Indra Lukman mendorong program KOTAKU di dua kelurahan. Selain Batang Arau, kelurahan Dadok Tunggul Hitam kecamatan Koto Tangah juga mendapat jatah tahun ini. Kedua program ini dijadwalkan rampung akhir November 2018. (*)

Penulis: Eko Fajri