Tiga Bahan Pokok Ini Diprediksi Melonjak Jelang Ramadan

Rakor Tim Pengendali Inflasi Daerah se-Sumbar di Sawahlunto.
Rakor Tim Pengendali Inflasi Daerah se-Sumbar di Sawahlunto. (KLIKPOSITIF)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriah, Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Sawahlunto menggelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Pengendali Inflasi Daerah ( TPID ) se-Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Barat, Heri Noviardi yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, ada 10 komoditi yang cenderung harganya melonjak harganya menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

baca juga: 946 Pelaku Usaha Mikro di Sawahlunto Terima Modal Usaha Bantuan Presiden

"Ada 10 komoditi yang selalu naik saat menjelang puasa dan lebaran . Tiga diantaranya mendapat perhatian khusus seperti cabai, bawang merah dan daging," katanya di Gedung Pusat Kebudayaan, Sawahlunto , Senin 14 Mei 2018.

Dikatakannya, inflasi sudah barang tentu terjadi dan yang perlu dilakukan bagaimana membuat kebijakan agar terkendali. "Tidak ada artinya penghasilan tinggi kalau harga naik, tidak ada artinya produksi tinggi dengan harga murah, ini yang perlu dikendalikan," tambahnya.

baca juga: Mantan Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf Meninggal Dunia

Saat ini, kebijakan yang diambil oleh TPID Provinsi Sumbar adalah melakukan operasi pasar, pasar murah dan pemberian voucher sembako kepada warga kurang mampu. "Kebijakan yang diambil TPID Provinsi bisa meminimalisir para spekulan untuk menumpuk stok barang," jelasnya.

"Diharapkan tidak ada lagi informasi dari masyarakat terjadi kelangkaan dan kenaikan harga," pungkasnya

baca juga: Kunjungi Sawahlunto, Dubes India Diangkat Jadi Brand Ambassador Songket Silungkang

Masih kata Heri, Sumbar pernah mengalami inflasi yang tinggi namun semua itu dapat diatasi. "Pada tahun 2013-2014 Sumbar mengalami inflasi sebesar 11 persen, berhasil ditekan oleh TPID Provinsi Sumbar. Pada tahun 2017 Sumbar mengalami inflasi 2,03 persen," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto , Rovanly Abdams mengatakan rapat koordinasi TPID dapat memperkuat kerjasama antar daerah. "Rapat koordinasi TPID ini diharapkan memperkuat kerjasama antar daerah dalam mengantisipasi gejolak harga pada waktu tertentu," harapnya.

baca juga: Berikut Kronologi Runtuhnya Lubang Tambang yang Sebabkan 3 Pekerja Meninggal di Sawahlunto

[Muhammad Haikal]

Penulis: Agusmanto