Hujan Deras, BPBD Tak Anjurkan Warga Padang Balimau di Sungai

Ilustrasi Balimau
Ilustrasi Balimau (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Padang tidak anjurkan masyarakat jalankan tradisi balimau di sungai, mengingat di Kota Padang berpotensi hujan hingga sore.

Tradisi Balimau sendiri merupakan prosesi mandi yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau saat memasuki bulan Ramadan. Biasanya, tradisi ini digelar di sungai dan dilaksanakan dengan beramai-ramai.

baca juga: BNPB Gelar Lomba Pasang Tenda dan Dapur Umum Lapangan BPBD se-Sumbar

"Melihat siang ini intensitas hujan cukup deras, makanya tidak dianjurkan untuk ke sungai. Apalagi kita pantau saat ini, gelap dihulu," kata Kepala BPBD Padang, Edy Hasymi, Rabu 16 Mei 2018.

Meski hujan ataupun tidak, katanya sejumlah personel akan tetap memantau dan berjaga di enam titik sungai yang diprediksi berpotensi ramai. "Untuk siaga, ada 15 orang. Ada enam titik pemandian sungai yang kita sebar personel untuk monitor," ujarnya.

baca juga: Gebyar Vaksinasi Massal Padek-Semen Padang di Transmart

Sejauh ini, beberapa titik yang dipantau, diantaranya yakni Lubuk Minturun, Gunuang Nago, Lubuk Paraku, Lubuak Tampuruang, Koto Baru Gaduik.

"Yang kita monitor, yang keramaian saja. Kami patroli. Biasanya yang paling ramai, di Lubuk Minturun," sebut Edy.

baca juga: Kelompok Jurnalis Jadi Salah Satu Tim Terbaik Perancang Infografis Kebencanaan

Jikapun banyak masyarakat yang akan menuju pemandian di sungai, Edy mengimbau para orang tua tetap mengutamakan keselamatan anak-anaknya.

"Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, cepat laporkan pada petugas. Kelompok Siaga Bencana (KSB) juga bersiaga. Ada gabungan group siaga bencana termasuk Basarnas, yang monitor lewat jaringan radio HT," pungkasnya.

baca juga: BPBD Catat 10 Jenis Bencana Alam Terjadi di Kota Padang Selama 2021

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) BIM Ketaping memprediksi, hujan dengan intensitas ringan hingga deras hingga sore hari terjadi di sejumlah kabupaten kota di Sumbar, termasuk Kota Padang.

"Peringatan dini cuaca pukul 13.30 WIB, berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir, kilat. Beberapa daerah termasuk Kota Padang. Kondisi ini diprakirakan sampai pukul 15.30 WIB," ungkap Kasi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Budi Samiaji dihubungi KLIKPOSITIF .

[Cecep Jambak]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa