Sisir Tempat Hiburan Malam, Tim Gabungan Amankan Belasan Pemandu Karaoke

Petugas Membuka paksa tempat hiburan malam
Petugas Membuka paksa tempat hiburan malam (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tim gabungan Polresta Padang bersama Satpol PP melakukan operasi cipta kondisi (Cipkon) dengan menyisir tempat hiburan malam di Kota Padang , Minggu 20 Mai 2018 dinihari.

Saat dilakukan peyisiran di beberapa lokasi, beberapa tempat hiburan malam masih nekad beroperasi meski dalam suasana bulan suci Ramadan.

baca juga: Satu Keluarga di Mata Air Sakit, Andre Kirimkan Bantuan Langsung

Tempat hiburan malam yang disisir tersebut adalah Kafe 25 dan Kafe 55 yang terletak di Jalan Nipah, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang .

Awalnya, kedua kafe tersebut tampak tutup dan tidak ada aktifitas sama sekali, namun ternyata kafe penyedia para wanita pemandu karaoke itu beraktifitas dengan modus pintu ditutup.

baca juga: Satpol PP Padang Tindak 15 Pelanggar Perwako

Petugas sempat memerintahkan semua orang yang ada di dalam kafe untuk keluar dan membuka pintu, akan tetapi tidak diindahkan.

Petugas membuka pintu yang ditutup itu secara paksa dan menemukan adanya aktivitas di dalam kafe.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 Meningkat, Semen Padang Hospital Tambah 23 Tempat Tidur

Kecurigaan petugas berawal dari sebelumnya seorang laki-laki yang berdiri di samping bangunan kafe diintrogasi petugas. Saat itu, pria tersebut bersikeras kepada petugas bahwa tidak ada aktifitas di dalam kafe.

Setelah diinterogasi, pria tersebut berperan sebagai pemberi informasi kepada orang yang berada di dalam kafe dan membocorkan apabila ada petugas melakukan razia.

baca juga: Ini Persyaratan Jika Ingin Pindahkan Jenazah COVID-19

Usai membuka paksa pintu, dari penggeladahan di dalam kafe ditemukan 17 wanita malam sebagai pemandu karoke berikut dengan tujuh laki-laki sebagai tamu.

"Terpaksa kami buka paksa pintu kafe ini, dan saat digeledah di dalamnya ternyata ada aktifitas dan banyak wanita malam, tamu laki-laki serta minuman keras. Semua kita periksa dan amankan berikut dengan minuman keras," ujar Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Ediwarman.

Selanjutnya semua yang diamankan berikut dengan barang bukti minuman keras dan speaker dibawa ke Mako Satpol PP.

"Bulan suci Ramadan ini betul-betul kita gunakan untuk beribadah dan mari memberikan kesempatan kepada saudara-saudara kita dalam melaksanakan ibadah. Tidak ada kegiatan-kegiatan di tempat hiburan malam selama bulan Ramadan ini, sudah ada kesepakatan dan edaran oleh bapak gubernur," lanjutnya.

Ediwarman mengatakan, pihaknya akan siap membantu Satpol PP dalam melakukan pengawasan dan penertiban terhadap tempat hiburan malam yang masih beraktifitas tersebut. Sebab, aktifitas tempat hiburan malam di bulan Ramadan telah sangat meresahkan masyarakat.

"Beberapa tempat hiburan malam ini sudah sangat meresahkan, sesuai laporan masyarakat. Maka itu, kita tindak dan memang masih ditemukan beroperasi dan didapat beberapa wanita pemandu karoke, laki-laki dan minuman keras," tutupnya.

[Halbert Caniago]

Penulis: Rezka Delpiera