Selangkah Lagi, Hillary Clinton Jadi Kandidat Presiden Wanita Pertama AS

Hillary Clinton
Hillary Clinton (net)

KLIKPOSITIF - Hillary Clinton akan mencatat sejarah dunia dalam politik. Dia hampir dipastikan maju sebagai calon presiden pertama wanita dalam perebutan kursi nomor satu di Gedung Putih.

Hillary melampaui perolehan suara Sanders setelah memenangi dukungan super delegasi dan kemenangan besar di Puerto Rico. Saat ini Hillary telah mengumpulkan 2.383 delegasi. Jumlah itu tak lagi mampu dikejar oleh pesaingnya, Senator asal Vermont Bernie Sanders.

baca juga: Motor Listrik Baru Harley-Davidson Akan Diluncurkan Juli

Sejak merdeka pada 1789, Amerika telah dipimpin 44 Presiden presiden laki-laki. Hanya Barack Obama yang tidak berasal dari kulit putih. Setelah 227 tahun baru muncul kandidat wanita pertama dan Hillary adalah orang yang terpilih.

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Masih ada pekerjaan yang harus dirampungkan di enam negara bagian yang akan memilih Selasa besok," ujar Hillary.

baca juga: Warga AS yang Terima Dua Kali Vaksin Boleh Tak Pakai Masker

Pesaing Hillary, Bernie Sanders terlihat belum menyerah. Timnya mengaku akan tetap bertahan dalam persaingan ini hingga konvensi partai pada bulan Juli mendatang. Hasil di Puerto Rico menutup peluang Sanders untuk meraih 2.383 delagasi yang dibutuhkannya.

Penulis: Ramadhani