Dishub Buka 200 Posko Angkutan Lebaran di Sumbar

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran
Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 200 posko disiapkan mengahadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. Hal itu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama mudik lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran menyebutkan, Dinas Perhubungan Sumbar membuka posko pengamanan angkutan Lebaran di terminal, pelabuhan, dan bandara. Total ada 200 posko yang dibuka oleh Dishub tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar .

baca juga: BPBD Padang Sebut Shelter Pasar Raya Paling Bagus Hadapi Bencana

"Akan ada 200 posko yang berfungsi membantu kepolisian dalam mengatur lalu lintas dan mengurai kemacetan, serta menyiapkan posko keselamatan, posko kesehatan dan posko khusus untuk menghitung jumlah kendaraan yang masuk dan keluar dari Sumbar ," jelasnya.

Selain menyiapkan posko, lanjut Amran, Dishub dan kepolisian juga melakukan koordinasi terkait pemetaan jalur alternatif mudik . Seperti misalnya, pada tahun lalu, kendaraan pemudik mengular luar biasa di Pasar Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar, dan Padang Lua, Agam. Apabila ruas tersebut sudah padat, maka akan ada pengalihan jalur ke Sicincin-Malalak.

baca juga: Persiapan Kejurda, Puluhan Calon Atlet Taekwondo Pessel Ikuti Kenaikan Sabuk

"Kami juga petakan Jalur alternatif Padang-Bukittinggi salah satunya, di Jalan Sicincin-Malalak. Jalur ini untuk menghindari kemacetan di Pasar Sicincin, Padang Panjang, Padang Luar, Koto Baru dan lainnya," katanya.

[Joni Abdul Kasir]

baca juga: Hari Ini PPDB SMA/SMK di Sumbar Dibuka, Ini Jalurnya

Penulis: Iwan R