Organda Sumbar Prediksi Mini Bus Jadi Angkutan Mudik Paling Diminati

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumbar , Sengaja Budi Syukur menilai angkutan umum jenis Mini Bus akan diminati pemudik saat mudik lebaran nanti. Sebab, mini bus merupakan angkutan mudik aman, nyaman dan cepat.

"Saya menilai mini bus akan sangat diminati pemudik. Mereka tentunya mencari yang lebih aman saat perjalanan," ujarnya, Rabu, 29 Mei 2018.

baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Solsel: Satu Bulan Kedepan Vaksin Harus Tuntas

Kemudian, mini bus jika dibandingkan dengan bus besar juga bisa mempercepat waktu tempuh.

"Potensi kemacetan juga sedikit dengan menggunakan mini bus," kata Budi.

baca juga: Wawako Payakumbuh Motivasi Atlet Kempo Sumbar Jelang Tampil di PON

Dijelaskan Budi Syukur, Sebanyak 2.500 unit angkutan umum di Sumbar akan beroperasi saat mudik lebaran nanti. "Jenisnya mulai dari taksi, mini bus dan bus," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran mengatakan, untuk menjalankan angkutan, pihaknya mengedepankan kesehatan dengan mulai melakukan pengecekan laik jalan kendaraan. Kendaraan yang layak akan ditempel stiker layak sehingga masyarakat tidak ragu dalam memilih angkutan saat mudik lebaran nanti.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

"Dishub Kabupaten dan kota juga sudah mulai melakukan uji kelayakan. Untuk pencanangan besar-besaran akan dilaksanakan H-10 lebaran ," ujarnya.

Amran meminta setiap penggusa angkutan di Sumbar terutama yang dibawah naungan Organda melakukan uji kelayakan demi terciptanya keselamatan dan kenyamanan mudik . "Untuk angkutan umum tentu saja setir, ban, gas, mesin, dan rem harus sesuai standar," tegasnya. (Joni Abdul Kasir)

baca juga: Pemko Pariaman Belajar Strategi Pengelolaan Wisata Sejarah ke Walikota Medan

Penulis: Eko Fajri