KPK: 75 Persen Anggota DPRD Belum Serahkan Laporan Kekayaan

Pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi
Pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi ()

KLIKPOSITIF -Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatkan sebanyak 75 persen anggota DPRD se-Indonesia belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN ). Selain itu, kata dia, sebanyak 13 persen anggota DPR RI juga belum melaporkan jumlah harta kekayaan.

"Hanya sekitar 74 orang anggota DPR yang belum menyerahkan," katanya Jumat, 18 Maret 2016.

baca juga: Diduga Curi Laptop di Kantor Wali Nagari, Seorang Pemuda di Pessel Ditangkap Polisi

Dia mengatakan sebagian besar anggota DPRD belum memberikan melaporkan. Menurut Alex, sebenarnya banyak pejabat negara yang sudah menyerahkan LHKPN . Namun, pelaporan yang diserahkan harus melalui mekanisme seperti klarifikasi.

Tidak sedikit pelaporan yang belum bisa dipublikasikan sebagai lembaran negara. Menurut Alex, KPK bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan mendorong ketaatan pengisian LHKPN .

baca juga: Hilang Saat Melaut, Seorang Nelayan Asal Linggo Sari Baganti Pessel Ditemukan Meninggal

Rencananya, KPK akan mengusulkan pembuatan peraturan pemerintah untuk memperketat sanksi bagi pejabat yang tidak melaporkan harta kekayaan. "Seperti sanksi administratif, misalnya penundaan jabatan atau pencopotan dari jabatan, hal-hal dari itu yang nanti akan kita pikirkan," kata Alex.

Editor: Super Administrator