Wikipedia dan Genpi Bertekad Support Kegiatan Wisata dan Budaya Sumbar

Sharing antara Wikipedia Bahasa Minangkabau dengan Genpi Sumbar
Sharing antara Wikipedia Bahasa Minangkabau dengan Genpi Sumbar (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka meningkatkan sinergi dalam membangun dan mempertahankan budaya daerah, Wikipedia Bahaso Minangkabau dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sumatera Barat melakukan pertemuan dan diskusi ringan. Diskusi ringan yang diadakan soal bagaimana masing-masing organisasi ini bekerja dalam mempertahankan budaya dan mengembangkan pariwisata yang ada di Sumatera Barat.

Kegiatan yang digelar di Kuali Nyonya, Jl olo Ladang no 24; Padang, pada Jumat, 1 Juni 2018 itu digelar secara santai. Dalam diskusi yang dimulai pukul 15.00 Wib itu, masing-masing komunitas memaparkan apa saja yang menjadi bagian dari kegiatan mereka.

baca juga: Dinas Kebudayaan Sumbar Libatkan 16 Komunitas Seni Sosialisasikan MTQ Nasional Saat Panemi COVID-19

"Kegiatan ini merupakan sharing yang dilakukan masing-masing dari kita, tentang bagaimana kita bekerja. Dan saya melihat, antara Wikipedia Bahaso Minang dengan Genpi Sumbar saling melengkapi satu sama lain. Kita berharap bisa jadi mitra yang menguntungkan karena Wiki juga support beberapa kegiatan pariwisata dan juga kebudayaan yang biSa dipromosikan di Sumbar. Kerjasama ini bisa sebagai kontributor ataupun source bagi Wikipedia Bahaso Minangkabau," kata Ketua harian Genpi Sumbar, Elsa Resia.

Genpi yang juga disebut sebagai laskar digital dalam bidang pariwisata, kuliner, dan kesenian tradisional juga membutuhkan tulisan atau source penting lainnya. "Dan hal itu bisa didapat dari Wikipedia Bahaso Minangkabau sebagai sebuah komunitas yang bergerak di bidang penulisan artikel," katanya.

baca juga: Apa itu Sontoloyo? Kata yang Trending di Twitter

Koordinator Digitalisasi Konten di Wikimedia Indonesia yang juga bagian dari Komunitas Wikipedia Bahaso Minangkabau, Hardiansyah mengatakan kegiatan diskusi di internal Wiki merupakan kegiatan rutin. "Di bulan Ramadan ini, pihaknya sekali seminggu mengadakan kopdar yaitu mengedit bersama dengan titel "Mawiki bajamaah". Beberapa anggota yang hadir datang menambah artikel berbahasa minang di wikipedia," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melengkapi data pulau yang ada di Kota Padang dengan mengadakan eksplorasi langsung ke lokasi. Wikipedia adalah sebuah ensiklopedi daring terbesar di dunia yang hadir dalam berbagai bahasa , salah satunya adalah Bahasa Minang. "Saat ini di Indonesia ada 10 bahasa daerah di wikipedia. Diantara 10 bahasa tersebut, wikipedia bahasa minang adalah yang memiliki jumlah artikel terbanyak, diikuti oleh Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bugis, Banyumasan, Aceh, Banjar, dll," tuturnya.

baca juga: Merajut Senyum Anak Yatim di Pelosok Kabupaten Solok

Menurutnya, ini adalah cara Wikipedia untuk tetap menjaga bahasa daerah dan ada di dunia daring. Semua itu dilakukan sukarela oleh para penggunanya dengan tetap mengikuti aturan dan kaedah berwiki. "Wikipedia punya moto bebaskan pengetahuan inilah yang menjadi semangat para wikipediawan untuk berkontribusi," tuturnya.

Untuk konten sendiri, Wikipedia bergerak dalam membuka konten pengetahuan lewat kampanye open GLAM (Galleries, Libraries, Archieves and Museums). Ia berharap dalam sharing session yang diadakan bersama Genpi Sumbar kali ini bisa terjalin kerjasama dengan berbagi artikel soal wisata, kuliner, dan budaya yang ada di Sumatera Barat.

baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Staf Khusus BPIP Dorong Elite Politik Bersikap Dewasa Tentang Isu Ini

Sementara itu, Eva Krisna, Peneliti Sastra Balai Bahasa Sumbar dan Peneliti Bahasa Indonesia mengatakan Wikipedia menyumbang pelestarian kebudayaan daerah. "Balai Bahasa sebagai kontributor dan membackup bahasa berhasil membuat keterbacaan lebih luas. Tidak seperti balai bahasa , yang tulisannya hanya bisa dibaca masyarakat luas saat penerbitan sebuah buku. Sedangkan Wiki membantu membuat hasil penelitian menjadi artikel yag bisa di akses masyarakat luas," jelasnya.

Selain itu, artikel yang ada di Wikipedia lebih kepada artikel populer sehingga fungsi balai bahasa sebagai pedoman ejaan Bahasa Minang. Balai Bahasa sebagai sebagai lembaga penelitian Minangkabau, khususnya bahasa dan sastra sangat terbantu dalam hal ini.

"Wiki menyumbang pelestarian kebudayaan daerah sehingga keterbacaan orang terhadap kebudayaan dan pengetahuan soal Minangkabau lebih luas dalam bentuk artikel yang dihimpun di laman Wikipedia," jelasnya. (*)

Penulis: Fitria Marlina