Garuda Indonesia Tambah 14 Penerbangan Jakarta-Padang

Ilustrasi
Ilustrasi (garuda-indonesia.com)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menghadapi lonjakan permintaan penerbangan menjelang mudik Lebaran nanti, PT Garuda Indonsia (Persero) menambah frekuensi penerbangan atau extra flight sebanyak 14 penerbangan dari Jakarta menuju Padang.

General Manager Garuda Indonesia Padang, Dudy Imam Setiadi mengatakan, penambahan frekuensi tersebut bertujuan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang yang berencana merayakan lebaran dan sekaligus mengunjungi sanak saudara di Sumbar pada periode lebaran.

baca juga: Cuaca Buruk, Pesawat Garuda Gagal Mendarat di Pontianak

"Extra flight ini hanya untuk rute penerbangan Jakarta-Padang dan Padang-Jakarta. Jumlah masing-masingnya, ada 14 frekuensi penerbangan yang kita tambah untuk masing-masing rute. Kalau ditotal ada 28 frekuensi yang ditambah," kata Dudy, Kamis 7 Juni 2018.

Dudy menyebutkan, untuk jadwal Extra Flight tersebut, sesi pertama diberlakukan pada 11 hingga 14 Juni 2018, dengan rincian rute penerbangan Padang-Jakarta pukul 10.45, 15.50 dan 19.50 WIB. Sedangkan, untuk penerbangan Jakarta-Padang, pukul 07.55, 13.00 dan 17.00 WIB.

baca juga: KNKT Duga Mesin Pesawat SJ 182 Dalam Kondisi Hidup Sebelum Membentur Air

Kemudian, untuk sesi kedua dilaksanakan pada 23 hingga 24 Juni 2018 dengan jumlah penambahan satu frekuensi penerbangan .

"Untuk 23 hingga 24 Juni, penerbangan tambahan Padang-Jakarta pada pukul 15.50 WIB, sementara penerbangan Jakarta-Padang pada 13.00 WIB," terangnya.

baca juga: Sempat 3 Kali Ganti Jadwal, Satu Keluarga Jadi Korban Sriwijaya Air SJ182

Selain itu, kata Dudy, Garuda Indonesia juga mengerahkan satu unit pesawat Bigger Aircraft (Pesawat Besar) untuk rute penerbangan Jakarta-Padang, dan sebaliknya.

"Awalnya pihak manajemen menyiagakan pesawat berjenis Boeing 737-800 berkapasitas 162 penumpang. Namun, untuk langkah antisipasi, akhirnya, disediakan pesawat Bigger Aircraft berjenis Airbus A330-300 dengan kapasitas penumpang mencapai 360 penumpang," katanya.

baca juga: Sempat Buat Heboh Unggah Foto Pesawat Menukik Tajam, Ngabalin: Maafkan Saya

Dudy menambahkan, pesawat berkapasitas besar itu tidak termasuk dalam Extra Flight , namun sebagai pengganti pesawat biasanya. Hal itu dilakukan untuk bisa menampung lebih banyak penumpang, menjelang lebaran.

Adapun jadwal penggunaan dari Bigger Aircraft ini dengan dua sesi. Untuk sesi pertama, pada 9 hingga 10 Juni 2018. Kemudian, sesi kedua pada 25 Juni 2018. Masing-masingnya, untuk penerbangan Jakarta-Padang dan Padang-Jakarta.

"Untuk sesi pertama dan kedua, penggunaan Bigger Aircraft, rute penerbangan Jakarta-Padang pada pukul 11.55 WIB. Sedangkan, untuk rute penerbangan Padang-Jakarta, pukul 09.15 WIB," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R