Pemprov Sumbar Akan Tertibkan Tambang Galian C Tak Kantongi Izin

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat mengunjungi lokasi bersama komunitas Lubuk Alung Trail Adventure, Minggu, 3 Maret 2016.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat mengunjungi lokasi bersama komunitas Lubuk Alung Trail Adventure, Minggu, 3 Maret 2016. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mendata tambang galian C (batu dan pasir) setelah menemukan abrasi sungai di Kenagarian Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar yang terjadi akibat tambang galian C yang tidak memiliki izin.

"Kami dari provinsi akan mendata tambang yang memiliki dan tidak memiliki izin, jika terbukti tidak punya izin kita akan tertibkan," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat mengunjungi lokasi bersama komunitas Lubuk Alung Trail Adventure, Minggu, 3 Maret 2016.

baca juga: M. Zuhrizul Pimpin IATTA Sumbar, Fokus Kesiapan SDM Wisata Minat Khusus

Ia mengatakan, lokasi pengerukan pasir sungai di wilayah itu sangat dekat dari jalan dan jembatan. Hal itu, kata dia, sangat membahayakan karena potensi besar mengakibatkan meluasnya abrasi.

"Tadi kita sudah kunjungi jalan dan jembatan di Sikabu, memang longsornya jalan karena abrasi sungai yang semakin luas," kata Irwan.

baca juga: Amankan Libur Lebaran dan Jaga Prokes, Puluhan Personel Satpol PP Ditugaskan 24 Jam

Sehingga pihaknya akan menindak tegas secepatnya agar tambang ilegal tidak beroperasi lagi. Antisipasi ini dilakukan agar sewaktu-waktu jika terjadi banjir, tidak akan menimbulkan dampak yang cukup besar.

"Pengerukan pasir yang tidak pada tempatnya membuat sungai semakin lebar dan tebing sungai rusak," katanya.

baca juga: Puskesmas Andalas Telah Vaksin Ribuan Warga

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Elvia Mawarni