Kemendag Akan Bangun Pasar Rakyat di Sawahlunto Tahun Ini

Kota Sawahlunto
Kota Sawahlunto (Net)

  KLIKPOSITIF - Kementerian Perdagangan akan membangun pasar rakyat di Desa Lumindai, Kota Sawahlunto tahun ini.

"Pembangunannya didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan sebesar Rp1 miliar lebih untuk mengun los baru pasar tipe B serta kelengkapan fasilitas umum dan sosial lainnya di pasar tersebut," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Pertambangan Industri Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi Sawahlunto , Gustaf, Sabtu.

baca juga: Jelang Akhir Harga Emas Naik, Rp 934 Ribu Per Gram

Ia mengatakan, kondisi pasar yang ada sudah tidak mempu menampung pedagang yang berjumlah 100 orang setiap harinya.

Seluruh persiapan pembangunan sedang dijalankan bersama dinas terkait, baik perencanaan lokasi, desain bangunan, legalitas lahan dan lainnya sebelum pekerjaan pembangunan dilelang.

baca juga: Ini Keutamaan Membayar Zakat bagi Diri dan Orang Lain

"Direncanakan kegiatan pembangunan sudah bisa terlaksana pada April 2016," ujarnya.

Pembangunan pasar ini nantinya diharapkan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi daerah yang dikenal sebagai penghasil menggis, tembakau, kakao, dan lainnya.

baca juga: Utang Pemerintah Terus Bertambah, DPR: Harus Bisa Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Sementara itu, Kepala Desa Lumindai Chairunnas mengatakan lokasi pasar yang ada saat ini merupakan aset milik masyarakat adat suku Dalimo, yang diserahkan kepada pemerintah melalui Kerapatan Adat Nagari (KAN) setempat.

"Dalam kesepakatan Ninik Mamak dengan pihak pemerintah daerah, hak pengelolaan pasar akan kembali diserahkan ke KAN Lumindai serta mengutamakan penempatan pasar untuk para pedagang lokal desa ini," katanya.

baca juga: Miliki Kekayaan Puluhan Miliar Dolas AS, Wanita Ini Jadi Janda Terkaya di Dunia

Selama ini tidak ada pungutan retribusi di pasar itu hanya sumbangan dana kebersihan pasar yang setiap harinya terkumpul antara Rp50 ribu hingga Rp70 ribu.

[Ant]

Penulis: Fitria Marlina