Hari Ini, Aktifitas Penerbangan di Bandara Minangkabau Mulai Menurun

Penumpang di ruang tunggu Bandara Internasional Minangkabau
Penumpang di ruang tunggu Bandara Internasional Minangkabau (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- PT Angkasa Pura II menyebutkan, aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau ( BIM ) hari ini, Jumat 22 Juni 2018 mulai menurun.

Human Capital and General Affairs PT Angkasa Pura II, Fendrick Sondra mengatakan, tidak ada lonjakan berarti dari penerbangan, dan intensitasnya juga lebih rendah ketimbang musim mudik-balik lalu.

baca juga: Per November, Garuda Berhentikan 700 Karyawan Kontrak

"Jumlah penumpang hari ini masih di atas normal dan terbilang masih tinggi dari hari biasanya," katanya pada KLIKPOSITIF .

Ia belum bisa merinci jumlah penumpang yang datang ataupun berangkat dari terminal bandara hari ini. Tapi jika dilihat dari keramaian penumpang di BIM , intensitas penumpang di terminal kedatangan cenderung lebih tinggi ketimbang keberangkatan.

baca juga: Stimulus Pemerintah, PSC Dihapus untuk Dorong Minat Transportasi Udara

Tercatat, pada H+5 kemarin, jumlah penumpang di terminal kedatangan BIM mencapai 516 orang, sedangkan untuk keberangkatan hanya 491 orang.

Namun jika membandingkan data kedatangan, keberangkatan dan penerbangan pesawat pada H+5 kemarin dengan periode yang sama dengan tahun lalu, persentasenya terbilang menurun.

baca juga: Gunakan Jasa Ekspedisi, Penyelundupan Ganja di Bandara BIM Digagalkan Petugas

Menurut catatan, terdapat 89 penerbangan yang mengangkut sebanyak 16,266 penumpang untuk penerbangan domestik dan internasional di H+5 tahun 2017 lalu.

Sedangkan di tahun ini, jumlah penerbangan menurun -1,12 persen dengan jumlah 88 penerbangan. Kemudian untuk penumpang, persentasenya juga menurun -9,50 persen dengan jumlah 14,721 penumpang di H+5 tahun ini.(*)

baca juga: Pandemi COVID-19, AP II Cabang BIM Kampanyekan Keselamatan dan Kesehatan Penerbangan

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa