Lantik Pj Walikota Sawahlunto, IP: Jadi Pejabat adalah Kuasa Tuhan

Pelantikan Pj Walikota Sawahlunto
Pelantikan Pj Walikota Sawahlunto (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar , Irwan Prayitno melantik Abdul Gafar sebagai Penjabat (Pj) Walikota Sawalunto, Senin 25 Juni 2018 di Aula Kantor Gubernur.

Usai pelantikan, politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menyampaikan pernyataan menarik, yakni soal keberadaan mahar untuk menjadi pejabat atau pejabat sementara (Pjs) di sebuah daerah.

baca juga: KPU Akan Coklit Sejumlah Penyanyi Minang, Ini Tujuannya

"Tidak ada bayar-bayaran untuk menjadi Pj dan Pjs. Cukup baik-baiklah bekerja karena diamati dan tingkatkanlah kinerja dan loyalitas," kata pria yang akrab disapa IP itu.

Menurutnya, bahwa ada 4 Kabupaten/Kota di Sumbar yang melaksanakan Pilkada tetapi hanya 1 yang dilantik menjadi Pj selebihnya Pjs.

baca juga: Pilkada Pessel, Tim Rusma Yul Anwar Bantah Minta Miliaran Rupiah Pada Calon Pendamping

Bagi dia, menjadi pejabat ataupun pejabat sementara itu merupakan kuasa Tuhan. "Ini karena kinerja dan loyalitas dan faktor keberuntungan. Semua itu tergantung kuasa Allah," sebut IP.

Keterpilihan Gafar, kata dia, karena ia melihat pejabat tersebut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik. Apalagi gafar memiliki target ingin menyukseskan Pilkada yang akan digelar pada Rabu, 27 Juni 2018 lalu.

baca juga: Pastikan Data Pemilih, KPU Pessel Ajak Masyarakat Ikut Gerakan Klik Serentak Pilkada 2020

"Roda pemerintahan tidak boleh berhenti. Pelayanan terhadap masyarakat harus tetap diberikan dengan sebaik baiknya," pesan dia.

Di sisi lain, IP menambahkan, masalah anggaran itu semua milik Pj Walikota. Serta, Pj juga memiliki kebijakan otonom yang tidak dapat di intervensi.

baca juga: Sempat Reaktif COVID-19, Hasil Swab Tiga Calon PPDP Negatif

"Cuma kalau menganti pejabat ndak bisa. Tapi kalau semua kewenangan selain itu bisa," pungkasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa