Pilkada Padang: Pasangan Mahyeldi-Hendri Menang di Seluruh Kecamatan

Mahyeldi Ansharullah
Mahyeldi Ansharullah (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah-Hendri Septa menang telak dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018.

Pasangan calon tersebut menang dengan persentase 62,92 persen sedangkan pasangan Emzalmi dan Desri Ayunda hanya 37,08 persen. Jumlah suara yang diterimapun sudah mencapai 100 persen dengan rincian 337.865 pemilih dari 535.265 pemilih tetap.

baca juga: Mendagri Minta Anggaran Pilkada Serentak di Daerah Disesuaikan Kembali

Data tersebut diperoleh dari perhitungan data dokumen C1 di 1600 TPS yang ada di Kota Padang. Perhitungan suara sendiri dilakukan oleh relawan Dewan Perwakilan Daerah Partai Keadilan Sejahtera.

Semua data perolehan suara tersebut diperoleh di Posko Relawan Mahyeldi-Hendri di Jalan Ahmad Yani, Padang.

baca juga: DPW PKS Sumbar Setuju Laksanakan Pilkada Serentak 9 Desember

Sebelum dirilis, semua data yang dihimpun oleh relawan dikalkulasikan menggunakan sebuah aplikasi AyPro, sehingga persentase suara yang diterima sesuai dengan perhitungan suara di TPS.

Berdasarkan data itu pula, tim relawan kemudian menyimpulkan bahwa pasangan Mahyeldi-Hendri menang di seluruh Kecamatan di Kota Padang.

baca juga: Audy Joinaldy Bantu Bocah yang Alami Kelumpuhan di Pessel

Terkait dengan hasil perhitungan itu, Mahyeldi Ansharullah mengaku bahwa pihaknya akan tetap menunggu hasil rekapitulasi dari KPU Kota Padang.

"Namun kami meyakini hasilnya tidak jauh berbeda," katanya pada sejumlah awak media, Rabu 27 Juni 2018. Kendati begitu, ia mengaku siap jika hasil perhitungan suara Pilkada Padang ini nanti mendapat gugatan.

baca juga: Audy Joinaldy mengadakan Kompetisi #MilenialManang Menulis Pesan Makna Pendidikan bagi Kamu

Sementara itu, Hendri Septa mengaku hasil perhitungan ini sudah sesuai dengan keinginan masyarakat, dalam artian, ia mengklaim bahwa Mahyeldi bisa melanjutkan kepemimpinan untuk 5 tahun kedepan.

"Masyarakat sudah tahu pilihannya, dan masyarakat minta kami untuk melanjutkan," pungkasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa