Harapan Penyandang Disabilitas kepada Calon Kepala Daerah Terpilih

Silvia memperhatikan hasil kerajinannya kepada awak media usai melakukan pencoblosan
Silvia memperhatikan hasil kerajinannya kepada awak media usai melakukan pencoblosan (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Silvia (38) wanita penyandang disabilitas ikut memberikan hak suaranya di TPS 6 kawasan Ulak Karang Utara Kota Padang, tempat calon wakil wali kota Padang nomor urut 2, Hendri Septa mencoblos.

Dengan dibantu ibunya, Silvia tampak sumringah setelah melakukan pencoblosan. Namun ada harapan yang tersembunyi di balik senyum wanita yang tengah menekuni usaha kerajinan rumahan tersebut.

baca juga: Wartawati Nasrul Abit: Kami Sekeluarga Ikhlaskan Bapak untuk Masyarakat Sumbar

Silvia kini sedang merintis usaha kerajinan tangan memanfaatkan tali untuk anyaman tas, sepatu dan dompet. Uniknya owner Silvia Piobang Handicraft itu menganyam pada posisi tidur. "Promo in ya produk Silvia," katanya saat wawancara dengan KLIKPOSITIF usai pencoblosan, Rabu, 27 Juni 2018.

Saat ini hasil kerajinan di simpan di rumahnya di Jalan Bali (depan rumah mertua Hendri Septa). Penjualan dilakukan secara online melalui akun Facebook dan Instagram miliknya.

baca juga: Ternyata Ini Makna Motif Cukie Barantai dari Songket Pandai Sikek yang Digunakan Mahyeldi-Audy Joinaldi

Terkait Pilkada Padang , Dia berharap calon terpilih bisa memajukan UMKM, apalagi yang baru merintis seperti dirinya. "Saya berharap pemimpin terpilih peduli UMKM," harap wanita yg pemilik nomor 17 antrian pencoblosan di TPS 6 tersebut.

Penyandang disabilitas yang tinggal di Jalan Bali Ulak Karang Utara ini bersama ibunya datang ke TPS 6 pada pukul 10.00 WIB. Dengan mengenakan pakaian serba merah jambu dan menggunakan kursi roda, ia didorong sang ibu menuju lokasi TPS yang berjarak sekira 200 meter dari rumahnya.

baca juga: DPP PKB Dukung Mulyadi-Ali Mukhni, Perkuat Kekuatan Pasangan Ini Menuju Pilkada Sumbar 2020

Silvia menggunakan hak suara dengan nomor urut daftar pemilih nomor 17, sementara ibunya dapat nomor urut pemilih nomor 16. Tahun ini, merupakan tahun keduanya menggunakan hak suara. Tahun lalu, ketika ia masih berstatus mahasiswa, ia menggunakan suara di kampung halamannya di Kota Payakumbuh.

[Joni Abdul Kasir]

baca juga: Kader Gerindra Siap Menangkan Nasrul Abit-Indra Catri pada Pilgub Sumbar 2020

Penulis: Iwan R