Tiga Tahun Terbengkalai, Begini Kondisi Pukesri Dilan di Pessel

Pukesri Dilan di Pesisir Selatan.
Pukesri Dilan di Pesisir Selatan. (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Anda tentu kenal dengan karakter Dilan di film layar lebar 'Dilan 1990'. Tapi, jauh sebelum terkenalnya film tersebut, di sebuah desa yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan-Sumbar, ada sebuah Pusat Kesehatan Nagari ( Pukesri ) yang sama namanya dengan karakter tersebut.

Sejak didirikan pada tahun 2015 lalu, Pukesri Dilan atau pusat kesehatan desa yang ada di Kampung Dilan, Nagari Pancung Taba, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan masih belum dioperasikan. Seyogyanya difungsikan sebagai pusat kesehatan, Pukesri tersebut saat ini hanya menjadi rumah tunggu.

baca juga: Hari ini Dua Warga Pessel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kampung Dilan ini sendiri merupakan salah satu kampung di Nagari Pancung Taba dan berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan. Selain memiliki topografis berada diatas ketinggian, kampung ini juga jauh dari sarana transportasi.

Bangunan Pukesri di kampung ini selesai dibangun sejak tahun 2015. Tiga tahun usai dibangun, Puskesri ini belum dioperasikan sebagaimana layaknya dan memiliki ruangan yang memadai. Tapi, hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan dioperasikan.

baca juga: Seorang Guru Kontak Erat dengan Pasien Positif COVID-19, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Ditutup

Pukesri ini hanya difungsikan menjadi rumah tunggu karena takut lapuk tidak dihuni. Sekarang, kepala kampung setempat yang tinggal disana. "Daripada kosong, Kepala Kampung saja yang menghuni. Sebab, sejak dibangun tidak ada bidan atau tenaga kesehatan yang ditugaskan," sebut Idris (42), seorang warga setempat.

Bagi masyarakat Kampung Dilan, sarana kesehatan merupakan salah satu harapan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih mudah. Pasalnya, jarak kampung ini jauh dari pusat kecamatan dan sulit terjangkau oleh transportasi.

baca juga: 24 Orang di Pessel Kontak dengan Pasien Kluster Bank Nagari Padang, Salah Satunya Guru

"Kalau dari Kampung Dilan ke Puskesmas di Asam Kumbang (pusat kecamatan) sangat jauh. Apalagi, disini (Kampung Dilan) akses jaringan HP tidak ada sama sekali," sebut Idris.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pessel , Satria Wibawa mengatakan, mengingat kondisi tersebut pihak Pemda akan segera mencarikan solusi agar Pukesri Dilan bisa beroperasi. Dikatakannya, dalam waktu dekat akan segera ditempatkan bidan desa untuk mengurus Pukesri Dilan.

baca juga: Dinilai Merusak, Galian C di Kampung Lubuk Buayo Pessel Dilaporkan Masyarakat

"Rencananya akan ada bidan desa yang akan ditugaskan minimal dua atau tiga kali seminggu sampai ada bidan desa yang definitif. Sebab, sebelumnya Puksesri yang dibangun melalui PNPM belum koordinasi," tutupnya.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Agusmanto