Tingkatkan Daya Saing Lulusan, 77 Mahasiswa PNP Ikuti Uji Kompetensi

Direktur PNP Surfa Yondri memberikan kata sambutan jelang pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi
Direktur PNP Surfa Yondri memberikan kata sambutan jelang pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Padang (PNP) terus berupaya menghasilkan lulusan pendidikan tinggi vokasi yang memiliki sertifikat kompetensi , agar lulusan PNP bisa bersaing dalam menghadapi persaingan di dunia industri, baik secara nasional maupun internasional.

Kali ini, upaya tersebut dilakukan melalui uji kompetensi  program retooling yang digelar pada Senin 2, Juli 2018 kemarin, dan diikuti oleh 77 mahasiswa program bidik misi di PNP, serta sejumlah mahasiswa dari Politeknik Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Madiun.

baca juga: Prof. Yuli Yetri Guru Besar Pertama Politeknik di Sumatera

Kepala LSP PNP, Desmiwarman mengatakan, uji sertifikasi kompetensi itu digelar, karena saat ini dunia kerja tak lagi melihat nilai dari ijazah, tapi lebih kepada kompeten atau tidak, karena di dunia kerja telah diberlakukan kompetensi untuk semua bidang.

"Makanya melalui uji kompetensi ini, tentunya lulusan PNP bisa bersaing di dunia kerja, baik nasional maupun secara global, karena sertifikasi ini juga berlaku secara internasional," kata Desmiwarman melalui rilis yang diterima KLIKPOSITIF .com Rabu, 4 Juli 2018.

baca juga: Prof. Dr. Dra. Yuli Yetri, M.Si Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Pertama PNP dan Politeknik se-Sumatera

Sejak tahun 2015, lanjutnya, PNP telah melaksanakan beberapa kali uji kompetensi , baik reguler ataupun yang dilaksanakan dengan kerajasma beberapa politeknik negeri lainnya. Kendati begitu, LSP PNP sendiri telah menjadi pembina berdirinya LSP Politeknik Negeri Bengkalis. 

"Sampai saat ini sudah ada sekitar 900 orang mahasiswa PNP yang telah tamat mendapatkan sertifikat uji kompetensi dari berbagai bidang," ujarnya. Saat ini, tambahnya, PNP sudah memiliki 21 skema kompetensi , dan itu terdiri dari listrik sebanyak 5 skema, sipil 6 skema, mesin 5 skema, dan elektro 1 skema.

baca juga: Prof Yuli Yetri, Dosen PNP yang Jadi Guru Besar Pertama di Lingkungan Politeknik se-Sumatera

"Tak hanya itu saja, program studi informatika juga punya 1 skema, dan akuntansi serta administrasi niaga masing-masing juga ada 1 skema kompetensi . Ke depan, PNP akan terus berupaya meningkatkan jumlah skema kompetensi ini, agar lulusan PNP semakin punya daya saing di bidangnya," beber Desmiwarman. 

Sementara itu, Direktur PNP Surfa Yondri menyebut saat ini memang belum semua program studi di PNP yang telah bisa menyelanggaran uji kompetensi . Namun begitu, pihaknya akan terus mengupayakan agar seluruh program studi di PNP untuk membuat kurikulum berbasis kompetensi .

baca juga: Buruan Daftar! Politeknik Negeri Padang Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN dan SNMPTN

"Kami berharap semakin banyak orang berkompeten yang memiliki sertifikasi kompetensi yang dihasilkan, maka akan berdampak kepada nilai tawar dari orang yang berkompeten dibandingkan yang tidak kompeten, apalagi setifikat kompetensi itu juga berlaku secara internasioal," katanya.(*)

Penulis: Riki