UN: 8 Siswa SMA di Bandung Menginap di Sekolah Karena Banjir

Siswa mengikuti doa bersama di Masjid Agung Islamic Centre Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Sabtu (2/4).
Siswa mengikuti doa bersama di Masjid Agung Islamic Centre Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Sabtu (2/4). (ANTARA FOTO/Rahmad)

KLIKPOSITIF - Delapan siswa SMA di Kabupaten Bandung terpaksa menginap di sekolah karena akses dari rumah menuju ke sekolah terputus akibat banjir.

"Itu sekolahnya ada di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung, jadi kedelapan siswa itu terpaksa menginap di sekolah sampai beres UN . Mereka menginap sejak hari Minggu," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Asep Hilman, di Bandung, Senin.

baca juga: UN 2020 Dihapus karena Corona, Kemendikbud Kaji Opsi USBN

Ia mengaku salut dengan perjuangan delapan siswa tersebut untuk mengikuti UN meskipun dilanda bencana alam.

"Sejauh ini belum ada laporan sekolah yang terendam banjir kepada kami," kata Asep yang ditemui saat mendampingi Gubernur Jawa Barat meninjau pelaksanaan UN di SMAN 20 Kota Bandung.

baca juga: Terkendala Jaringan Internet, 5 Sekolah di Agam Belum Bisa Laksanakan UNBK

Selain itu, lanjut dia, pihaknya optimis tidak akan kebocoran soal UNBKP dan UNBK karena mekanisme dan pengawasannya sudah sangat ketat.

"Dengan kondisi sekarang kami proteksi sedemikian rupa, dengan UNBK kami percaya pusat sudah ketat mengawasinya. Sekarang ini kan sistemnya bukan online tapi offline untuk UNBK, terkoneksi one by one," kata dia.

baca juga: Ini Ketentuan "Merdeka Belajar" dalam SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2020

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat hari ini 538.404 siswa SMA, SMK, MA dan sederajat akan melaksanakan UN 2016.

Penulis: Elvia Mawarni