Gempa Bukittinggi Tak Pengaruhi Gunung Marapi

Gunung Marapi
Gunung Marapi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF  -- Gempa  darat mengguncang Kota Bukitinggi pada pukul 07.02 WIB, Selasa 17 Juli 2018. (Baca : Gempa Darat Guncang Kota Bukittinggi " href="http://news. KLIKPOSITIF .com/baca/35192/gempa-darat-guncang-kota-bukittinggi"> Gempa Darat Guncang Kota Bukittinggi )

Gempa berkekuatan 4 Skala Richter dengan kedalaman 7 kilometer berpusat di darat pada koordinat 0,23 Lintang Selatan dan 100.37 Bukur Timur, sekitar 8 kilometer utara Bukittinggi .

baca juga: Jumlah DPS di Bukittinggi Berkurang 4 Ribuan, Ini Sebabnya

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi, Hartanto, menyebut jika aktifitas Gunung Marapi tak terpengaruh dengan guncangan gempa tektonik tersebut.

"Tidak ada pengaruhnya dengan Marapi," jelas Hartanto.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Agam dan Bukittinggi Terus Bertambah

Hartanto melanjutkan, setelah adanya gempa darat pukul 07.02 WIB hingga pukul 08.45 WIB, tidak ada aktivitas vulkanik yang dialami Gunung Marapi .

"Tidak ada tremor, tidak ada letusan, tidak ada gempa vulkanik, tidak ada hembusan dan tidak ada aktivitas vulkanik lainnya yang tercatat di alat kami. Saat ini bisa disimpulkan, gempa tektonik tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas Gunung Marapi ," jelasnya lagi.

baca juga: Wali Kota Bukittinggi Klaim Masih Bisa Kendalikan COVID-19

Hingga kini, status Gunung Marapi masih berstatus Waspada atau berada di Level II. Pada status ini, radius 3 kilometer tak boleh didekati warga, pengunjung, maupun pendaki.

Sementara, laporan dari BMKG menyebut jika gempa ini terjadi akibat aktifitas Sesar Sumatera, khususnya segmen Sianok.

baca juga: 32 ASN dan 31 Nakes Terpapar COVID-19 Selama Pandemi Corona di Bukittinggi

Baca juga : Bukittinggi Digoyang Gempa , Ini Penjelasan BMKG" href="http://news. KLIKPOSITIF .com/baca/35193/bukittinggi-digoyang-gempa--ini-penjelasan-bmkg"> Bukittinggi Digoyang Gempa , Ini Penjelasan BMKG

[Hatta Rizal]

Penulis: Iwan R