Satu Sekolah di Pasaman Gelar UNBK Menggunakan Genset

Pengawasan UN.
Pengawasan UN. (ANTARA FOTO)

KLIKPOSITIF - Satu sekolah di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengunakan genset, Senin 4 April 2016. 

"Satu sekolah mengunakan genset, kita khawatir arus listrik akan turun naik, sehingga menganggu pelaksanaan ujian anak-anak," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pasaman, Kamarullah, ketika dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Senin 4 April.

baca juga: UN 2020 Dihapus karena Corona, Kemendikbud Kaji Opsi USBN

Ia menjelaskan, dari dua sekolah di Pasaman yang menyelenggarakan UNBK,  SMKN 1 Rao Selatan dengan  213 siswa peserta UN menyelenggarakan UNBK menggunakan genset.

Sementara itu, SMKN 1 Lubuk Sikaping yang juga menyelenggarakan UNBK tetap menggunakan listrik PLN. Sebab, ia melanjutkan, pihak sekolah meyakini arus listrik akan stabil sehingga UNBK 372 orang siswa di sekolah itu bisa berjalan lancar.

baca juga: Terkendala Jaringan Internet, 5 Sekolah di Agam Belum Bisa Laksanakan UNBK

"Kita dari awal memang menyurati pihak PLN agar selama pelaksanaan UNBK listrik jangan dimatikan," katanya.

Hingga pagi ini, ia melaporkan pelaksanaan Ujian Nasional di daerah itu berjalan lancar. Mata pelajaran yang diujikan hari ini adalah Bahasa Indonesia, dan Kimia (jurusan IPA) serta Geografi (jurusan IPS).

baca juga: Ini Ketentuan "Merdeka Belajar" dalam SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2020

[Man ST Pambangun]

Penulis: Elvia Mawarni