Buku, Kekayaan yang Perlu Dipelihara

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF  -Senang membaca dan memiliki koleksi buku merupakan investasi jangka panjang yang tak ternilai harganya. Buku telah menjadi sumber pengetahuan penting sepanjang sejarah manusia. Memilki buku tentu berarti juga harus bisa merawatnya. Ini perlu dilakukan agar buku bisa bertahan dalama waktu lama.

Dilansir dari goodreads, ini yang bisa dilakukan untuk merawat buku :

baca juga: Mahyeldi-Audy Luncurkan Buku 100 Hari Kerja, Ini Isinya

Memberi sampul adalah cara pertama agar buku terjaga. Selain terlihat rapi, buku yang disampul juga akan terawat. Sebelum menyampul buku carilah plastik yang agak tebal dan tidak lengket untuk sampul buku anda. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menyampul buku terlalu ketat, karena nanti bisa membuat bagian cover terlipat jika sering dibuka.

Melipat buku bisa merusak kertas. Gunakan pembatas buku jika Anda ingin menandai buku . Pembatas buku tidak harus dengan sesuatu yang mahal dan cantik lho! Anda bisa gunakan selembar daun, kertas atau benda lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah. Namun ingat, jangan menandai buku dengan benda tebal seperti pulpen atau lainnya karena bisa merusak Jilid.

baca juga: Padang Panjang Buat Program Gerakan Cinta Buku, ASN Jadi Target Awal

Buku sebaiknya disimpan dengan cara disusun berdiri. Jangan pernah menumpuk buku karena bisa merusak jilid buku dan covernya. Anda bisa gunakan pembatas rak agar buku yang disusun berdiri tegak. Susunlah buku berdasarkan klasifikasinya agar nanti mudah untuk dicari. Pengecualian untuk booklet bisa disimpan dengan cara ditumpuk.

Jika telalu lama disimpan dan dipajang pasti berdebu. Anda bisa mengatasi hal ini dengan rutin membersihkannya, apakah dengan kemoceng atau lap basah.

baca juga: Terjual 20 Ribu Eksemplar, Kapolda Jabar Senang Terima Buku Trilogi The Power of Silaturahim Karya Dr Aqua Dwipayana

Sebisa mungkin jangan mencoret buku . Untuk menambahkan catatan bisa digunakan sticky notes. Ketika catatan tersebut dilepas, perekat pada catatan kertas tersebut tak akan meninggalkan sisa di buku .

Penulis: Ramadhani