Ini Sosok Omar Mateen, Penembak di Orlando AS

Penembakan di Orlando, Florida AS
Penembakan di Orlando, Florida AS (Reuters)

KLIKPOSITIF - Omar Mateen (29) pelaku penembakan merupakan salah seorang warga New York yang lahir dari anak imigran di Afghanistan. "Ia telah dua kali diperiksa oleh agen FBI dalam beberapa tahun terakhir," kata pihak berwenang.

Mantan istri Mateen menggambarkan dia seorang yang emosional dan mentalnya terganggu yang bercita-cita menjadi seorang polisi. Dia juga bekerja sebagai penjaga bersenjata untuk perusahaan keamanan G4S, terbesar di dunia.

baca juga: Motor Listrik Baru Harley-Davidson Akan Diluncurkan Juli

Aparat penegak hukum yang menyelidiki bukti yang menunjukkan bahwa serangan itu terinspirasi oleh militan Negara Islam, meskipun mereka mengatakan tidak ada bukti bahwa Mateen telah bekerja secara langsung dengan kelompok.

"Sebelum penembakan, Mateen membuat panggilan ke 911 pagi hari ini di mana ia menyatakan kesetiaannya kepada pemimpin Negara Islam," kata asisten agen khusus FBI yang bertanggung jawab atas kasus ini Ronald Hopper.

baca juga: Warga AS yang Terima Dua Kali Vaksin Boleh Tak Pakai Masker

Tembakan terdengar di klub malam Pulse ramai di jantung Orlando, salah satu tujuan wisata paling populer di Amerika Serikat karena 350 pelanggan sedang menghadiri sebuah acara musik.

Sementara itu salah seorang korban yang berhasil lolos dari maut mengatakan ia bersembunyi di bawah mobil ditengah orang-orang yang terluka. "Saya tidak bisa menggambarkan dengan kata-kata," kata Joshua McGill dalam sebuah posting di Facebook.

baca juga: Amerika Tarik Tentara dari Afganistan, Dimulai 1 Mei Hingga 11 September

Sebelumnya, terjadi penembakan di sebuah bar di Orlando, Florida yang menyebabkan 50 meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. 

Penulis: Fitria Marlina