Wikimedia Indonesia Digitalisasi PDKIM Padang Panjang

Wikimedia Indonesia mendigitalisasi koleksi di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDKIM) Padang Panjang
Wikimedia Indonesia mendigitalisasi koleksi di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDKIM) Padang Panjang (Wikipedia)

Padang Panjang, KLIKPOSITIF - Wikimedia Indonesia mendigitalisasi koleksi di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDKIM) Padang Panjang, Jumat, 13 Juli 2018.

Wikimedia Indonesia untuk pertama kali bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang untuk mendigitalisasikan koleksi-koleksi yang ada di PDIKM. Kerja sama ini telah dirancang beberapa bulan lalu dan telah mendapat izin dari Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang, Hendri Fauzan.

baca juga: Ratusan Hafiz Quran di PontrenMu Terima Sertfikat dari Gubernur Sumatra Barat

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mentransformasikan koleksi-koleksi di PDIKM ke dalam bentuk digital. PDIKM memiliki banyak naskah, buku, majalah, dan foto lama yang cukup penting bagi kelestarian kebudayaan Minangkabau. Sejauh ini, koleksi tersebut sering digunakan dan dipegang oleh pengunjung, sehingga dikhawatirkan akan merusak koleksi tersebut jika dibiarkan terus-menerus dipegang tanpa perawatan yang baik dan benar.

Ditambah lagi, tanpa adanya salinan digital dari koleksi tersebut dikhawatirkan suatu saat naskah-naskah yang sangat berharga tersebut akan rusak tanpa ada salinan satu lembar pun. Hal ini membuat Wikimedia Indonesia tergerak untuk membantu PDIKM untuk mendigitalisasikan koleksi tersebut.

baca juga: Wako Fadly Harapkan Capaian Maksimal dalam Sensus Penduduk pada September 2020

"Oleh karena itu, pada tahun ini, Wikimedia Indonesia dan Dinas Pariwisata Kota
Padang Panjang telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk melakukan serangkaian kegiatan digitalisasi dalam beberapa bulan ke depan. Diharapkan dengan adanya upaya ini, koleksi yang penting dapat diselamatkan dari kerusakan.

Hasilnya, PDIKM nantinya akan memiliki salinan digital yang nantinya dapat ditampilkan kepada publik yang berkunjung. Rachmat Wahidi, perwakilan dari Wikimedia Indonesia, mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk memperkenalkan koleksi-koleksi PDIKM ke ranah internet.

baca juga: Beri Penghargaan pada Pensiunan ASN, Wako Fadly Amran: Terimakasih Atas Pengabdian Bapak dan Ibuk

"Pada era informasi digital ini, sudah banyak museum atau perpustakaan yang membuka daftar koleksinya ke internet sehingga publik mengetahui letak koleksi yang dicari," katanya.

Sedangkan Hardiansyah, salah seorang Wikipediawan bahasa Minang, menyebutkan bahwa koleksikoleksi yang ada di PDIKM bisa menjadi sumber rujukan yang baik untuk membuat atau mengembangkan artikel-artikel bertema Minangkabau di Wikipedia bahasa Indonesia, atau bahkan di Wikipedia bahasa Minang itu sendiri.

baca juga: Padang Panjang Puncaki Proporsi Test dalam Upaya Pencegahan COVID-19

Kegiatan ini merupakan salah satu dari program GLAM (Gallery, Library, Archive, and Museum) yang dilakukan oleh Wikimedia Indonesia. Pada tahun sebelumnya, Wikimedia Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa perpustakaan dan museum di Indonesia, seperti Museum Dewantara Kirti Griya di Yogyakarta, dan Yayasan Sastra Lestari di Surakarta. (*)

Penulis: Fitria Marlina