Sawahlunto Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya

Sekda Sawahlunto, Rovanly Abdams menerima penghargaan KLA kategori Nindya dari Menteri Yohana Yambise
Sekda Sawahlunto, Rovanly Abdams menerima penghargaan KLA kategori Nindya dari Menteri Yohana Yambise (Istimewa)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Kota Sawahlunto mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya tahun 2018. Kategori ini merupakan suatu peningkatan dari kategori Madya yang telah diraih dua kali yakni di tahun 2015 dan 2017 lalu.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Susana Yambisa yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Rovanly Abdams di Dyandra Convention Center, tanggal 23 Juli 2018 lalu.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dedi Syahendri mengatakan penghargaan kategori Nindya merupakan jalan bagi Kota Sawahlunto untuk mendapatkan KLA.

Menurutnya, tahapan mencapai KLA dimulai dari Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA. Dengan diraihnya kategori Nindya ini Kota Sawahlunto tinggal dua tahapan lagi untuk mencapai KLA.

baca juga: Dorong Sektor Pariwisata Kolom Sawahlunto Gelar Sayembara Cerita Rakyat

"Kita cukup berbangga mendapatkan kategori Nindya ini, karena hanya ada 11 kota di Indonesia dan 2 di Sumbar yaitu Kota Sawahlunto dan Kota Padang," katanya, Rabu 25 Juli 2018. Sejauh ini, kategori Utama baru diperoleh oleh Kota Surabaya dan Surakarta.

Untuk mencapai KLA Utama, kata Dedi, pihaknya akan meningkatkan berbagai upaya yang telah dilakukan, di antaranya menjalin sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan dan media untuk menyediakan sarana prasarana serta informasi yang ramah bagi anak.

baca juga: Sektor-sektor yang Akan Diaktifkan di New Normal Sawahlunto

"Ada empat elemen pendukung dalam menwujudkan Kota Sawahlunto sebagai KLA Utama yaitu pemerintah, masyarakat, media dan pengusaha. Mewujudkan Kota Sawahlunto sebagai KLA juga membutuhkan dukungan serta peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat," jelas Dedi.

Pada tahun 2018 ini, selain Kota Sawahlunto , terdapat 10 kota/kabupaten lainnya yang juga meraih penghargaan KLA kategori Nindya yaitu Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kota Padang, Kota Magelang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, Kabupaten Tulung Agung dan Kota Depok.

baca juga: Sawahlunto Bersiap Terapkan New Normal

[Muhamad Haikal]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa