Di Agam, Pencaker Perempuan Lebih Banyak dari Laki-laki

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSPNAKER) Agam mencatat, hingga Desember 2017, jumlah pencari kerja (pencaker) berjumlah 3.429 orang.

Jumlah itu didominasi  lulusan sekolah lanjut tingkat atas (SLTA) sederajat.

baca juga: Remaja Asal Bukittinggi Tenggelam Saat Mandi di Lubuk Antijam Malalak

Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Kesempatan Kerja (DPMPTSPNaker) Agam Yurnawati mengatakan, hasil rekap data hingga akhir Desember 2017 tersebut, pencaker perempuan lebih banyak dibanding laki-laki yaitu 2.032 orang, sedangkan pencaker laki-laki berjumlah 1.397 orang.

“Jika diklasifikasi berdasarkan pendidikan, untuk pencaker tamatan STLA sederajat lebih banyak dengan jumlah 1.139 orang sedangkan berstatus sarjana tercatat 1.042 pencaker . Selebihnya berijazah S2, D1-D3 dan sekolah dasar, “ujarnya.

baca juga: Bupati Agam Ikuti Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 Secara Virtual

Lebih lanjut Yurnawati menjelaskan, berdasarkan data yang diperoleh, hanya sedikit yang melapor sudah mendapatkan pekerjaan, untuk itu pihaknya akan selalu berkomunikasi dengan para pencaker , untuk memantau perkembangan apakah sudah memperoleh pekerjaan.

“Kami selalu menelepon para pencari kerja, untuk menanyakan apakah sudah memperoleh pekerjaan atau belum. Dan kami berharap para pencaker memiliki kesadaran untuk melapor,” lanjutnya.

baca juga: Sempat Hilang, Seorang Kakek di Agam Ditemukan Meninggal Tenggelam

Sementara upaya mengurangi angka pengangguran, pihak DPMPTSPNaker juga jemput bola, seperti menyurati perusahaan perusahaan yang ada di Agam .

“Kami mengedarkan surat ke perusahaan-perusahaan, bila ada lowongan di perusahaan tersebut, pihak perusahaan akan melaporkannya kepada kami, “ujarnya lagi.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Pihaknya akan terus memberikan pengarahan kepada pencaker agar memberanikan diri untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri.

“Dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri, untuk meningkatkan pendapatan, ”ulasnya

Penulis: Rezka Delpiera