Antisipasi Kerusakan Rumah Warga Akibat Abrasi di Padang, Penggiat Siaga Bencana Lakukan Hal Ini

forum kelompok siaga bencana bersama pihak terkait lainnya melakukan goro dan melakukan dam di pinggir pantai Padang
forum kelompok siaga bencana bersama pihak terkait lainnya melakukan goro dan melakukan dam di pinggir pantai Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Melihat kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, terutama terkait gelombang tinggi yang dapat membahayakan rumah warga di pesisir pantai karena abrasi , forum kelompok siaga bencana di Kota Padang turun langsung untuk meminimalisir dampak dari kemungkinan terjadinya kerusakan rumah warga.

Penggiat bencana dalam hal ini berkerjasama dengan berbagai pihak, termasuk BPBD, Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya termasuk TRC Semen Padang , melakukan antisipasi dengan membuat dam-dam dari karung disepanjang bibir pantai yang dekat dengan rumah warga.

baca juga: Bawaslu Pessel Sebut Kepala Kampung Masuk Pihak yang Dilarang Dukung Paslon

"Ini dilakukan dalam rangka memperkuat rasa kepedulian dalam kebersamaan khususnya untuk saling berbagi dengan masyarakat yang mengalami musibah abrasi atau ombak besar. TRC dalam hal ini diundang forum kelompok siaga bencana, bersama pihak lainnya untuk goro dan memasang dam," kata Koordinator TRC PT Semen Padang , Kiki Warlansyah.

Ia menambahkan, titik kegiatan kami di jalan Bahari I Rt 01 Rw 03, Kelurahan Ulak Karang Selatan, Kota Padang. Sejak pagi hingga siang ini 250 karung berisi pasir sudah dipasang, dengan panjang yang terpasang sekitar 30 meter.

baca juga: Satpol PP Padang Kembali Tindak Tempat Hiburan Malam

Kegiatan tersebut juga dilakukan forum kelompok siaga bencana di daerah itu karena di lokasi tersebut terdata delapan unit rumah warga terdampak abrasi akibat gelombang tinggi yang terjadi pada Rabu (26/7).

"Ini juga dilakukan karena berdasarkan prakiraan BMKG nanti malam akan ada gerhana bulan, ditakutkan akan terjadi lagi pasang yang dapat mengakibatkan rumah warga rusak," jelasnya.

baca juga: Agam Catat Rekor Pasien COVID-19 Sembuh Terbanyak

Kegiatan tersebut direncanakan forum kelompok siaga bencana bersama pihak terkait lainnya juga akan terus dilakukan dalam satu minggu ini. Dari TRC semen Padang personel yang diturunkan sekitar delapan orang untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan antisipasi abrasi ini. (*)

Penulis: Eko Fajri