Seluruh Visa JCH Indonesia Ditargetkan Rampung Pekan Depan

Ilustrasi jemaah haji
Ilustrasi jemaah haji (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Kementerian Agama menargetkan, pengurusan semua Visa Jemaah Calon Haji (JCH) Indonesia akan selesai pada pekan depan. Saat ini, visa yang telah selesai mencapai 202.543 orang dari 473 kloter.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Nasrullah Jasam mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu proses penyelesaian sebanyak 37 kloter lagi.

baca juga: Produktif di Masa Pandemi, Hanya Berbekal HP Remaja Ini Terbitkan 4 Novel

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak Kantor Urusan Haji Jeddah agar pemaketan dikebut sehingga proses pemvisaan bisa selesai dalam empat hingga lima hari ke depan," katanya dikutip dari laman resmi Kementerian Agama.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada masalah dalam pengurusan visa . Diketahui, kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 221.000 orang. Terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus.

baca juga: 589 Peserta akan Ikuti STQHN Oktober Mendatang, Ini Pesan Dirjen Bimas Islam

Jemaah haji reguler diberangkatkan secara bertahap menuju Madinah sejak 17 Juli 2018. Sebanyak 231 kloter berangsur diberangkatkan ke Kota Nabi hingga 29 Juli mendatang. Sementara 280 kloter lainnya, mulai terbang tanggal 30 Juli hingga 15 Agustus menuju ke Jeddah lalu ke Makkah al Mukarramah.

Jika visa jemaah reguler sudah selesai, Nasrullah akan memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk mengurus visa jemaah pelimpahan porsi karena meninggal dunia dan jemaah pengganti yang mengundurkan diri.

baca juga: Pemerintah Lobi Arab Saudi Agar Jemaah Umrah Indonesia Bisa Diberangkatkan, Dubes: Saudi Tidak Pernah Larang Umat Islam Umrah

Sampai saat ini, tercatat ada 19 jemaah dengan status pelimpahan porsi. "Jika dokumennya lengkap dan waktunya memungkinkan, akan diberangkatkan tahun ini. Jika tidak, tahun depan," tuturnya.

Nasrullah menambahkan bahwa jemaah yang batal berangkat dan digantikan ada 251 orang. Jemaah batal bisa kareba meninggal dunia, sakit, atau menunda keberangkatan.

baca juga: Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Pasang Banner Sertifikasi Halal, Ini Respons Kemenag

"Sebanyak 136 jemaah sudah diproses visa . Sedang 115 lainnya, belum diproses visa ," ujarnya.

"Kita masih menunggu jemaah penggantinya yang diambilkan dari kuota cadangan. Semoga waktunya memungkinkan untuk diberangkatkan tahun ini sehingga serapan kuota menjadi maksimal," tandasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa